Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) menggelontorkan sekitar Rp500 juta guna membenahi saluran air dan drainase di kawasan Pencinan, Pancoran, Taman Sari, Jakarta Barat.

"Saat ini yang sudah mengerjakan adalah dari Suku Dinas Sumber Daya Air itu dalam penataan saluran yang ada di depan Jalan Pancoran dengan anggarannya, kalau nggak salah hampir Rp500 juta," kata Asisten Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Jakarta Barat, Imron, saat ditemui di kantor Wali Kota Jakarta Barat, Rabu.

Pembebanan saluran air itu dilakukan dalam rangka persiapan wilayah Pecinan Taman Sari dalam ajang pemilihan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Menurut Imron, saluran air penting untuk dibenahi guna memastikan tidak ada sumbatan air jika terjadi hujan deras.

Selain itu, proses pembuangan air juga harus diatur agar tidak mencemari lingkungan.

Baca juga: Jakarta Barat benahi Pecinan Taman Sari demi Desa Wisata 2022

Selain pembenahan saluran air, pihaknya juga akan membangun gedung parkir khusus untuk pengunjung kawasan Pecinan sehingga tidak ada kendaraan yang menumpuk disepanjang jalan kawasan Pancoran.

Namun, Imron tidak merinci berapa biaya yang digelontorkan untuk pembangunan gedung parkir tersebut.

Yang pasti, pihaknya menggandeng beberapa kolaborator untuk terlibat dalam pembenahan kawasan Pecinan.

Dengan pembenahan tersebut, dia berharap kawasan Pecinan, Taman Sari mendapatkan predikat baik pada 26 Juni nanti dan menyabet gelar ADWI 2022.

Untuk diketahui, DKI Jakarta hanya mengirimkan satu kandidat wilayah dalam ajang pemilihan ADWI 2022.

Baca juga: Pemkot Jakbar tata kawasan Glodok jadi wisata sejarah Pecinan

DKI Jakarta harus bersaing dengan provinsi lain dalam ajang tersebut.

Kementerian Pariwisata Ekonomi dan Kreatif selaku penyelenggara akan melakukan penilaian berdasarkan beberapa hal seperti atraksi, penilaian tata letak kota, jajanan kuliner hingga toilet.

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022