Manokwari (ANTARA) - Dua Menteri Kabinet Indonesia Maju yakni Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Gusti Ayu Bintang Darmavati dan Menteri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi: Abdul Halim Iskandar batal menghadiri kegiatan Woman 20 (W20) yang berlangsung di Manokwari, Papua Barat, 8-10 Juni.

Ketua Panitia Pelaksana W20 Papua Barat Melkias Werinussa di Manokwari, Rabu, mengatakan kehadiran para pejabat negara maupun delegasi dari luar negeri ke acara tersebut tidak berjalan sesuai rencana.

"Kita telah berharap para tamu terhormat bisa datang, mulai dari istri kepala negara, lalu istri duta besar ternyata batal hadir. Yang terakhir dua menteri juga batal. Tadi malam informasi dari protokol Kemendes bahwa Bapak Menteri tidak bisa datang karena ada urusan lain," kata Werinussa dengan nada kecewa.

Pada Rabu pagi, sejumlah tamu telah tiba di Manokwari untuk menghadiri kegiatan tersebut. Mereka diantaranya yaitu Ketua Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) bersama Staf Khusus Presiden serta delegasi W20.

Baca juga: Polda Papua Barat jamin keamanan selama W20 dan Y20 di Manokwari

Baca juga: Pertemuan keempat W20 bahas seputar advokasi perempuan perdesaan


Kehadiran rombongan peserta W20 mendapat sambutan tarian adat Papua serta prosesi injak piring, saat menginjakkan kaki di Bandara Rendani Manokwari.

Rombongan peserta W20 itu disambut oleh para isteri pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Papua Barat.

Wakil Ketua Pelaksana W20 Papua Barat Prof Dr Charlie D Heatubun menyatakan pelaksanaan acara W20 di Manokwari, Papua Barat, sudah dipersiapkan secara baik oleh panitia.

Kegiatan W20 merupakan acara sampingan dari kegiatan KTT G20 yang akan berlangsung di Bali pada bulan November.

"Kami sudah melakukan persiapan maksimal untuk semua acara, mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar. Ini merupakan sebuah kehormatan bagi kami di Manokwari, Papua Barat," kata Charlie Heatubun.

Pembukaan kegiatan W20 di Manokwari, Papua Barat dilakukan pada Rabu petang ini  di sebuah hotel di Manokwari.

Selanjutnya pada Kamis (9/6), rombongan peserta W20 dijadwalkan akan mengunjungi Pulau Mansinam yang disebut-sebut sebagai pulau peradaban orang Papua.*

Baca juga: Polda Papua Barat tingkatkan pengamanan jelang W20 dan Y20

Baca juga: Dua menteri dipastikan hadiri kegiatan W20 di Papua Barat

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022