Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin membuka Konferensi Internasional Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Belanda secara daring melalui tayangan video, di Jakarta, Rabu.

Dalam kesempatan tersebut Wapres berpesan kepada PCINU yang mayoritas merupakan mahasiswa Indonesia di Belanda agar nilai-nilai kebangsaan dan keagamaan berjalan beriringan layaknya ilmu dan iman.

“Sebagai kader organisasi kemasyarakatan berlandaskan Islam Ahlussunnah wal Jama’ah, saya minta saudara mampu menunjukkan bahwa kebangsaan dan agama merupakan satu napas dalam membawa Indonesia lebih maju. Seperti ilmu dan iman, yang semakin membawa kemaslahatan jika berjalan beriringan,” tutur Wapres dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin serahkan bantuan untuk perajin Batik Cibuluh Bogor

Wapres menguraikan pentingnya ilmu pengetahuan sebagaimana disebutkan dalam ayat pertama Alquran, iqra, yang memiliki makna tidak hanya dibaca, di-lafadz-kan, tetapi untuk direnungkan dan dikaji.

Selain itu kata ilmu atau pengetahuan juga diulang-ulang sebanyak 750 kali dalam Alquran sehingga menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi umat Muslim untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Gunakanlah kesempatan tinggal di Belanda untuk memperoleh ilmu sebanyak-banyaknya dan memperluas jejaring. Kelak ketika kembali ke Indonesia, Saudara-saudara sudah siap mengisi berbagai peran dan posisi strategis untuk melanjutkan pembangunan bangsa,” ujar Wapres.

Baca juga: Wapres minta ABP-PTSI dorong peningkatan mutu PTS

Wapres berharap pembelajaran dan pengalaman yang diperoleh selama menuntut ilmu di luar negeri dapat dibagikan kepada sanak saudara apabila sudah kembali ke Indonesia.

“Jadilah inspirasi bagi saudara sebangsa agar semakin banyak rakyat Indonesia yang mengenyam pendidikan yang setinggi-tingginya,” harapnya.

Wapres memberikan apresiasi atas inisiatif PCINU menyelenggarakan acara konferensi yang menebarkan ilmu agama Islam yang membawa kebaikan.

Baca juga: Wapres sampaikan tugas kepemimpinan bagi Peserta PPRA 63-64 Lemhannas

Menutup sambutannya, Wapres membuka Konferensi Internasional PCINU Belanda seraya memanjatkan doa untuk kesuksesan acara tersebut.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, Konferensi Internasional PCINU Belanda saya nyatakan dibuka. Semoga konferensi ini berjalan lancar dan menjadi platform untuk memanifestasikan perjuangan NU dalam memainkan peran globalnya, NU go global,” kata Wapres.

Konferensi Internasional PCINU bertema “Reimagining Religion and Values in time of (societal) crisis” diselenggarakan 8-9 Juni 2022 di Aula Vrije University, Amsterdam dan Klooster Kerk, The Hague, serta diikuti mahasiswa Indonesia dan ekspatriat di Belanda.

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022