Kota Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp11 miliar untuk menyewa pesawat untuk memberangkatkan jamaah haji Riau, dari Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru ke Bandara Hang Nadim Batam.

"Untuk keberangkatan calon jamaah haji ke Bandara Hang Nadim Batam dari Bandara SKK II Pekanbaru, kita sewa pesawat untuk tujuh kali pemberangkatan (kloter)," kata Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdaprov Riau, Zulkifli Syukur, kepada wartawan di Pekanbaru, Rabu.

Saat ini untuk sewa pesawat tersebut masih proses lelang yang diikuti maskapai penerbangan dan diperkirakan dalam dua hingga tiga hari ke depan sudah diketahui pemenangnya.

Zulkifli menyebutkan anggaran sewa pesawat Rp11 miliar itu selain untuk keberangkatan, juga sudah termasuk untuk kepulangan jamaah haji Riau.

Baca juga: Hindari dehirasi, Promkes PPIH anjurkan calhaj Riau rutin minum air

Baca juga: 2.290 CJH Riau diberangkatkan awal Juni 2022


"Kalau sudah dapat pemenangnya nanti langsung kita tanda tangani kontrak kerjasamanya. Selanjutnya proses berikutnya, bisa diberangkatkan dari Bandara SKK II Pekanbaru ke Bandara Hang Nadim Batam," katanya.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Riau Mahyudin mengatakan sebanyak 2.290 Muslim Riau reguler akan diberangkatkan ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji tahun 1443 H/2022 M.

Jamaah haji Riau akan diberangkatkan melalui embarkasi haji Batam pada pertengahan Juni. "Saat ini kami masih menunggu surat resmi kloter ke berapa JCH Riau akan diberangkatkan dari embarkasi Batam,” katanya.*

Baca juga: Kemenag Riau minta calon jamaah haji siap hadapi cuaca panas di Arab

Baca juga: 2.290 calon haji Riau siap berangkat pada musim haji 2022

Pewarta: Frislidia
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022