Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 16 pemain diboyong untuk memperkuat tim nasional bola basket Indonesia dalam menjalani laga uji coba di Australia sebagai persiapan menuju FIBA Asia Cup 2022 di Jakarta pada Juli nanti.

Sebagian besar pemain yang dibawa ke Australia adalah mereka yang juga memperkuat skuad Merah Putih saat meraih medali emas SEA Games 2021 Vietnam. Mereka di antaranya Andakara Prastawa, Abraham Damar Grahita, Arki Dikania Wisnu, Derrick Michael Xzavierro, dan Marques Bolden.

Sementara itu, dua nama lainnya tidak diikutsertakan, yakni Hardianus Lakudu yang masih cedera dan Dame Diagne yang akan menjalani ujian akhir tahun.

Sebagai gantinya, Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) menurunkan pemain-pemain muda untuk mendapatkan  kesempatan latih tanding di Negeri Kangguru itu. Mereka adalah M. Arighi Hadran Noor, Kelvin Sanjaya, Ali Bagir Alhadar, Kevin Yonas Argadiba Sitorus, dan Aldy Izzatur Rachman.

Timnas basket Indonesia akan berada di Australia selama 15 hari dan akan menjalani 10 uji coba melawan klub NBL1, yang merupakan liga bola basket semi-profesional yang berada satu level di bawah liga profesional NBL Australia.

Sepuluh tim tersebut adalah Diamond Valley Eagles, Wyndham, Eltham Wildcats, Waverley Falcons, Sunshine Coast Phoenix, juga South West Metro Pirates. Kemudian Southern District Spartans, Logan Thunder, Ipswich Force, dan Brisbane Capitals.

“Kami ingin anak-anak mendapatkan pembelajaran langsung bagaimana level bola basket di Australia itu yang kita tahu adalah rangking ketiga di FIBA dunia," ungkap Manajer Timnas Bola Basket 5x5 Putra Jeremy Imanuel Santoso dalam keterangan tertulis PP Perbasi, Rabu.

Baca juga: Timnas basket Indonesia diguyur bonus Rp5 miliar berkat emas SEA Games

Berikut 16 pemain timnas bola basket Indonesia yang dibawa ke Australia:

1. Andakara Prastawa Dhyaksa
2. Yudha Saputera
3. Widyanta Putra Teja
4. Arki Dikania Wisnu
5. Aggasi Yeshe Goantara
6. Abraham Damar Grahita
7. Juan Laurent Kokodiputra
8. Brandon Jawato
9. Vincent Rivaldi Kosasih
10. Derrick Michael
11. Marques T. Bolden
12. M. Arighi Hadran Noor
13. Kelvin Sanjaya
14. Kevin Yonas Argadiba Sitorus
15. Ali Bagir Alhadar
16. Aldy Izzatur Rachman

Baca juga: Bank Mandiri komit bina olahraga basket nasional

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022