Pemeriksaan pemberangkatan JCH tahun ini tidak perlu lama-lama dan sudah sangat cepat, tidak seperti tahun-tahun lalu yang cukup melelahkan
Medan (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan, Sumatera Utara, siap memberangkatkan sebanyak 3.777 orang calon haji tahun 2022 ke Tanah Suci Mekah.

"Jamaah calon haji asal Sumatera Utara itu sebanyak 10 kelompok terbang (kloter)," kata Ketua PPIH Embarkasi Medan Abdul Amri Siregar dalam temu pers di Medan, Rabu.

Baca juga: Wali Kota: 93 JCH Tanjungpinang siap berangkat ke Tanah Suci

Amri menyebutkan, saat ini berbagai persiapan serta kesiapan dalam tahap final sudah cukup matang, baik secara teknis maupun non teknis.

Khusus Embarkasi Medan pemberangkatan kloter 1 akan dilaksanakan pada hari Sabtu (11/6) di Asrama Haji Medan.

"Saya berharap kerja sama yang baik dengan rekan media dalam menyukseskan pelaksanaan pemberangkatan jamaah calon haji (JCH)," ucapnya.

Baca juga: Dua calon haji asal Pacitan tertunda ke Tanah Suci akibat COVID-19

Ia mengatakan, media massa juga dapat menyajikan berita-berita yang akurat, damai dan menyejukkan bagi JCH yang berangkat ke Tanah Suci, dan begitu juga dengan keluarga yang ditinggalkan.

Saat ini bagi JCH yang akan berangkat sudah cukup mudah dan efisien, dengan hanya menggunakan teknologi dan online.

"Pemeriksaan pemberangkatan JCH tahun ini tidak perlu lama-lama dan sudah sangat cepat, tidak seperti tahun-tahun lalu yang cukup melelahkan," katanya.

Baca juga: Calon haji alami kaki melepuh akibat cuaca panas Arab Saudi

Ketua PPIH menjelaskan, pengurusan paspor haji di daerah-daerah sudah sangat mudah dan di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) bisa membuat paspor dan tidak perlu lagi ke Sibolga.

Begitu juga pengurusan paspor haji di Labuhanbatu dan tidak perlu lagi ke Tanjungbalai.

"Kantor Imigrasi sudah cukup dekat dan cepat untuk mengurus paspor keberangkatan JCH ke Mekah," kata Amri.

Data yang diperoleh, rombongan yang akan diberangkatkan terdiri dari 3.777 orang haji regular, 20 orang PPIH kloter, 20 orang petugas kesehatan, 5 orang pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) dan 20 orang petugas haji daerah (KDH).

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022