Jakarta (ANTARA/JACX) - Sejumlah akun media sosial, termasuk layanan konsumen, mengatasnamakan bank swasta di Tanah Air menjadi pembahasan warganet pada beberapa waktu terakhir.

Salah satunya, adalah akun yang mengaku sebagai akun bank BCA yang menawarkan layanan peningkatan layanan sebagai nasabah prioritas.

Akun itu menyebut dua persyaratan jika nasabah ingin naik layanan sebagai nasabah prioritas yaitu terdapat minimal saldo mengendap serta layanan perbankan Internet ataupun perbankan seluler.

Salah satu unggahan di Instagram itu, misalnya, bahkan mencantumkan nomor kontak lewat aplikasi WhatsApp yang disebut sebagai kontak layanan nasabah.

Bukan hanya syarat dan nomor kontak layanan, akun itu mencantumkan pula tautan yang dapat dibuka jika terdapat warganet yang mencoba menghubungi nomor kontak layanan itu.

Berikut narasi yang tersemat pada unggahan akun-akun itu:
"PROMO UPGRADE BCA Prioritas:
1.    Memiliki saldo mengendap minimum Rp 10 juta. Saldo tersebut harus tersimpan di tabunga/giro, atau gabungan dari keduanya.
2.    Memiliki fasilitas Internet Banking KliBCA & Token KeyBCA"


Namun, akun-akun itu merupakan akun resmi dari bank BCA untuk nasabah prioritas?
 
Unggahan hoaks dan penipuan mengatasnamakan bank BCA. (Instagram)



Penjelasan:
Bank BCA, lewat akun resmi di Twitter, mengonfirmasi akun-akun yang mengatasnamakan perusahaan itu dengan menyebut syarat kenaikan layanan nasabah merupakan akun palsu atau hoaks, bahkan penipuan.

Nomor kontak layanan akun penipuan itu lewat aplikasi WhatsApp tampak diawali dengan kode +61 yang artinya nomor telepon itu berasal dari Australia, dan bukan kode nomor telepon Indonesia yaitu +62.

Sementara, tautan yang disematkan, jika terdapat warganet yang menghubungi nomor kontak layanan itu, merupakan tautan guna pencurian data (phising).

BCA menyatakan akun media sosial resmi mereka antara lain @GoodlifeBCA di Instagram, @BankBCA, dan @HaloBCA di Twitter, @BankBCA di Facebook, Bank BCA di LINE, dan nomor WhatsApp: 0811 1500 998. Setiap akun media sosial itu terdapat tanda telah terverifikasi.

Klaim: Akun-akun BCA layanan prioritas
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! BRI ganti biaya transaksi menjadi Rp150ribu per bulan

Baca juga: BCA: Peningkatan batas saldo uang elektronik bisa tingkatkan konsumsi

Baca juga: Aplikasi mobile banking BCA Digital "blu" gunakan layanan BI-FAST

Pewarta: Tim JACX
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2022