Jakarta (ANTARA) - Mantan arsitek Los Angeles Lakers Frank Vogel masuk dalam lima kandidat pelatih kepala lain yang dilaporkan tengah dijajaki oleh Utah Jazz untuk mengisi jabatan yang resmi ditinggalkan oleh Quin Snyder awal pekan ini.

Selain Vogel, empat kandidat baru yang juga dijajaki adalah asisten pelatih Jazz Lamar Skeeter, asisten pelatih Miami Heat Chris Quinn, asisten pelatih Toronto Raptors Adrian Griffin, dan asisten pelatih Phoenix Suns Kevin Young, demikian mengutip laporan ESPN, Kamis.

Nama Vogel jadi yang paling berpengalaman di antara lima kandidat tambahan pelatih kepala yang didekati Jazz, mengingat pria berusia 48 tahun itu baru saja dipecat oleh Lakers di pengujung musim reguler NBA 2021-22 pada April lalu.

Vogel sempat mengantarkan Lakers menjadi juara NBA di musim perdananya di tim Los Angeles itu pada 2019-20, tetapi kemudian dipecat April lalu setelah gagal menembus fase playoff.

Baca juga: Luka Doncic bawa Mavericks memimpin 3-2 selepas lumat Jazz 102-77

Sebelum menangani Lakers, Vogel juga sempat menukangi Indiana Pacers medio 2010-2018 serta Orlando Magic (2016-2018) dengan catatan menang kalah keseluruhan 431-389.

Sementara empat nama kandidat lain yang dijajaki Jazz, yakni Skeeter, Quinn, Griffin, dan Young, tak satu pun pernah menduduki jabatan pelatih kepala di NBA.

Lima nama baru tersebut menambah daftar panjang kandidat yang rencananya bakal diwawancarai oleh Jazz untuk pekerjaan pelatih kepala anyar mereka mulai musim depan.

Sebelumnya Jazz dilaporkan telah meminta izin untuk mewawancarai associate head coach New York Knicks Johnnie Bryant, asisten pelatih Milwaukee Bucks Charles Lee, dua asisten pelatih Boston Celtics Will Hardy dan Joe Mazzulla, asisten pelatih mereka sendiri Alex Jensen, serta mantan pelatih kepala Portland Trail Blazers Terry Stotts.

Snyder memutuskan mengundurkan diri dari jabatan pelatih kepala Jazz yang sudah ia duduki selama delapan musim terakhir.

Selama berada di bawah kepemimpinan Snyder, Jazz enam musim terakhir selalu bisa menembus fase playoff bahkan menjadi memimpin klasemen Wilayah Barat pada 2020-21. Sayangnya Snyder tak pernah bisa mengantarkan Jazz melangkah lebih jauh dari semifinal wilayah.

Baca juga: Utah Jazz dapat izin wawancarai sejumlah calon pengganti Quin Snyder

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022