Jakarta (ANTARA) - Boston Celtics mengungguli Golden State Warriors 2-1 dalam rangkaian Final NBA seusai merebut kemenangan Gim 3 yang berakhir dengan skor 116-100 di TD Garden, Massachusetts, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Jaylen Brown menjadi penyumbang angka terbanyak bagi Celtics dengan 27 poin dan turut berkontribusi di sektor lain lewat sembilan rebound serta lima assist.

Jayson Tatum menambahkan 26 poin dan sembilan assist, Marcus Smart mengemas 24 poin, Al Horford mencetak 11 poin, Grant Williams memperoleh 10 poin, sedangkan Robert Williams III berkontribusi dengan 10 rebound yang diamankannya.

Stephen Curry masih menjadi mesin angka utama Warriors dengan raihan 31 poin diikuti Klay Thompson yang mencetak 25 poin, Andrew Wiggins 18 poin, dan Jordan Poole 10 poin, demikian catatan situs resmi NBA.

Baca juga: Jayson Tatum tak sabar rasakan atmosfer Final NBA di TD Garden

Celtics relatif mampu menguasai paruh pertama pertandingan berkat sokongan Brown yang sudah mencetak 22 poin di dua kuarter pertama dan Tatum 11 poin.

Tuan rumah bahkan sempat memimpin sejauh 18 poin pada sisa waktu enam menit 14 detik kuarter kedua ketika Tatum melesakkan tripoin untuk membuat kedudukan menjadi 54-36.

Setelah menutup paruh pertama dengan keunggulan 68-56, Celtics dihadapkan pada tren kegemilangan Warriors menguasai kuarter ketiga sebagaimana sudah diperlihatkan di dua gim sebelumnya.

Sayangnya, mereka tetap gagal membendung keahlian utama Warriors tersebut. Tim tamu bahkan sukses meraup 12 poin tanpa balas dalam kurun waktu sekira kurang dari tiga menit untuk berbalik memimpin 83-82 saat Curry melesakkan tripoin pada sisa waktu tiga menit 45 detik kuarter ketiga.

Baca juga: Gim 3 Final NBA: Menanti dampak atmosfer TD Garden
Baca juga: Steve Kerr bandingkan Stephen Curry dengan Tim Duncan

Keunggulan Warriors tak bertahan lama, sebab Smart mencetak tripoin balasan untuk membawa Celtics memimpin lagi 85-82 sekira 30 detik kemudian dan sejak itu mereka susah payah menjaga keunggulan 93-89 saat menutup periode tersebut.

Hal itu sedikit memperbaiki tren perolehan Celtics di kuarter ketiga tiap gim Final NBA kontra Warriors dari 24-38 dan 14-35 menjadi 25-33.

Celtics membuka kuarter pemungkas dengan raupan 9-2 untuk merestorasi marjin dua digit dalam kedudukan 102-91 saat Williams menceploskan sebuah layup di sisa waktu sembilan menit delapan detik.

Situasi bagi tuan rumah untuk mendominasi permainan kian terbuka setelah forward berpengalaman Warriors Draymond Green mengalami foul trouble usai melakukan pelanggaran kelima pada sisa waktu tujuh menit 22 detik

Setelah Celtics memperlebar keunggulan menjadi 110-96 lewat tripoin Smart, upaya Warriors bangkit kian dipersulit karena Green melakukan pelanggaran keenam dan terkena foul out di sisa waktu empat menit tujuh detik.

Baca juga: Warriors bangkit di Gim 2 untuk samakan kedudukan dengan Celtics

Pelatih kepala Warriors Steve Kerr tampaknya sudah melepas pertandingan ketika timnya tertinggal 100-114 dan ia memutuskan menarik keluar jajaran pancamula termasuk Curry, Thompson, dan Wiggins sejak sisa waktu dua menit 19 detik.

Langkah itu diikuti oleh Celtics setelah Brown melesakkan dua lemparan bebas pada sisa waktu dua menit dan mereka mampu menjaga keunggulan 116-100 hingga bel bubaran berbunyi.

Celtics yang kini memimpin seri 2-1 akan kembali menjamu Warriors di TD Garden untuk Gim 4 pada Jumat (10/6) waktu setempat (Sabtu WIB).

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022