ASEAN Para Games

Menko PMK cek kesiapan "venue" ASEAN Para Games 2022

Menko PMK cek kesiapan "venue" ASEAN Para Games 2022

Venue kolam renang Jatidiri Semarang. ANTARA/H0-Humas Kemenko PMK/am.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau persiapan venue atau arena kolam renang yang akan digunakan pada penyelenggaraan pesta olahraga disabilitas ASEAN Para Games (APG) XI 2022.
 

Venue kolam renang Jatidiri Semarang yang akan digunakan pada penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 sudah Siap 90 persen,” kata Menko PMK Muhadjir Effendy melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.
 

Menko menjelaskan, pada awalnya arena lomba untuk cabang akuatik tersebut rencananya akan dilaksanakan di kolam renang Intan Pari, Karanganyar.

Baca juga: 10 atlet NPC Kalsel dipanggil Timnas untuk ASEAN Para Games 2022

Baca juga: 27 atlet NPC Papua ikuti pemusatan latihan ASEAN Para Games 2022

 

“Namun karena di sana kebetulan tidak tersedia fasilitas untuk kolam renang jadi dialihkan di kolam Jatidiri Semarang yang kebetulan di sini sudah sangat siap,” ujarnya.
 

Muhadjir Effendy juga menambahkan, meskipun persiapan kolam renang Jatidiri sudah mencapai 90 persen. Namun beberapa perbaikan kecil masih dibutuhkan, seperti akses jalan sepanjang kurang lebih 200 meter menuju lokasi kolam renang.
 

“Dari segi kolam renangnya sudah siap, hanya nantinya akan ada perbaikan kecil terutama untuk akses jalan dan pembersihan tempat pemanasan atlet. Namun demikian tidak perlu ada anggaran khusus, karena sudah dikunci dengan Perpres. Nanti kemungkinan juga akan diupayakan melalui CSR,” katanya.
 

Menko PMK juga menambahkan bahwa basil pemantauan lokasi kegiatan yang akan digunakan pada penyelenggaraan pesta olahraga disabilitas ASEAN Para Games (APG) XI 2022 akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.
 

“Mengenai perkembangan ini untuk selanjutnya akan segera kami sampaikan kepada Presiden Joko Widodo,” katanya.
 

Dia juga berharap berbagai persiapan yang tengah dilakukan akan cepat selesai sesuai dengan target yang telah ditetapkan.
 

Menko PMK juga menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada seluruh jajaran yang ada di Provinsi Jawa Tengah terutama cabang olah raga renang yang telah bersedia dan sudah menyiapkan dengan baik lokasi yang akan digunakan untuk renang ASEAN Para Games ini.
 

“Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah turut berperan aktif dalam persiapan kegiatan ini,” katanya.
 

Sebagai informasi tambahan, perhelatan ASEAN Para Games XI Indonesia di Jawa Tengah menurut jadwal akan dilaksanakan pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 mendatang.
 

Menurut laporan sementara yang diterima Kemenko PMK, akan ada 1.648 atlet dari 11 negara terkonfirmasi yang akan ikut serta dalam kegiatan olah raga tersebut.


Baca juga: Juara di Swiss, para-atletik punya bekal hadapi APG 2022

Baca juga: Impian Daniel Uyo meraih emas ASEAN Para Games 2022

 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar