Kendari (ANTARA) - Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana menyambangi ratusan nelayan di Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara, Kamis.

ANTARA melaporkan, Presiden bersama rombongan tiba di panggung pembukaan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA Summit) 2022 sekitar pukul 09.16 Wita.

Presiden yang tiba di lokasi bersama rombongan turun dari mobil kepresidenan lalu bergerak menuju ke ratusan nelayan yang datang dengan menggunakan kapal tradisional masing-masing.

Presiden Jokowi terlihat berinteraksi dengan beberapa nelayan yang sejak pagi telah berdatangan untuk menyambut kedatangan orang nomor satu di negeri ini.

Baca juga: Presiden berharap GTRA Summit integrasikan penyelesaian masalah lahan

Baca juga: Masyarakat Wakatobi sambut kedatangan Presiden-Ibu Negara


Para nelayan melabuhkan kapalnya di pinggir dermaga tepat yang menjadi lokasi panggung utama pembukaan Gugus Tugas Reforma Agraria, sontak berteriak histeris karena merasa bahagia disambangi langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Nelayan di daerah tersebut berjejer menggunakan kapal mereka masing-masing. Satu kapal memuat dua hingga tiga orang.

Sementara itu, pihak keamanan dari TNI AU terlihat mengawal para nelayan agar tidak meluapkan euforia yang berlebihan. Lalu di kawasan dermaga juga dikawal Paspampres.

Usai berinteraksi dengan masyarakat sekitar 6 menit, Presiden kemudian menuju ke panggung Marina Togo Mowondu untuk membuka pertemuan Puncak Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA Summit) 2022.

Jokowi berada di Wakatobi untuk melakukan sejumlah agenda kunjungan kerja, salah satunya membuka Pertemuan Puncak Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA Summit) 2022.

GTRA Summit 2022 merupakan pertemuan puncak dari rangkaian pembahasan lintas sektor sesuai Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria, dengan tanggung jawab untuk menuntaskan hambatan pelaksanaan Program Strategis Nasional Reforma Agraria.

GTRA Summit 2022 secara khusus akan membahas persoalan pertumbuhan berkelanjutan dan pemberdayaan yang inklusif di Indonesia, terutama terkait pemanfaatan tanah.

Usai acara tersebut, Presiden dijadwalkan menuju Kampung Mola untuk menyerahkan sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat. Rencananya, Jokowi akan mengendarai sepeda motor listrik menuju lokasi penyerahan sertifikat tanah tersebut.

Agenda berikutnya, Presiden beserta rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Pasar Pagi untuk menyerahkan langsung bantuan sosial (bansos) kepada para penerima manfaat. Jokowi juga akan meresmikan sejumlah pelabuhan dan kapal motor penumpang (KMP) yang acaranya dipusatkan di Dermaga Rakyat Wanci.

Mengakhiri rangkaian kunjungan kerja di Wakatobi, Jokowi bersama Iriana akan melepaskan tukik di Patuno Resort bersama masyarakat sebelum bertolak ke Konawe Selatan untuk bersiap kembali ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Turut mendampingi Presiden dan Iriana dalam penerbangan menuju Wakatobi adalah Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Selain itu, turut pula mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja itu ialah Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad, dan Kapolda Sulawesi Tenggara Irjen Pol. Teguh Pristiwanto.


Baca juga: Presiden Jokowi disambut Sajo Moane saat tiba di Wakatobi

Baca juga: GTRA Summit jadi agenda pertama kunjungan kerja Presiden di Wakatobi

 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022