Siswa bisa belajar dan berlatih menggunakan rasa ingin tahu untuk mencari jawaban dan solusi sejak dini, serta keinginan untuk belajar yang lebih banyak lagi.
Jakarta (ANTARA) - Direktur Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Sri Wahyuningsih mengatakan pendidikan karakter harus ditanamkan sejak dini.

“Kami mengapresiasi pihak swasta dalam penguatan pendidikan karakter sejak dini. Kontribusi ini selaras dengan cita-cita pemerintah dalam penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar (SD),” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Ia menambahkan siswa bisa belajar dan berlatih menggunakan rasa ingin tahu untuk mencari jawaban dan solusi sejak dini, serta keinginan untuk belajar yang lebih banyak lagi.

“Tentunya dengan panduan bapak dan ibu gurunya. Semoga lewat kegiatan yang digagas Trakindo ini, para guru mendapatkan wawasan baru dalam membuat praktik pembelajaran yang kreatif dan para siswa bisa mendapat bekal memadai bagi pendidikannya. Saya berharap program seperti ini dapat terus dilaksanakan guna memberikan manfaat positif bagi pendidikan di Indonesia,” katanya.

Sebelumnya, PT Trakindo Utama (Trakindo) menyelenggarakan Trakindo Innovakids 2022 yang merupakan puncak dari rangkaian pembinaan dan pendampingan bagi pendidikan dasar yang di tahun 2021-2022 bertajuk Gerakan Transformasi Edukasi (Generasi) Trakindo.

President Director Trakindo, Bari Hamami, menambahkan pembentukan karakter sangat penting untuk mendukung ilmu pengetahuan dalam pendidikan dasar.

“Ilmu pengetahuan membuat pintar, tetapi itu tidak cukup, harus diimbangi karakter yang mulia. Lewat Trakindo Innovakids 2022 pendidikan karakter dicapai melalui peningkatan kapasitas tenaga kependidikan, untuk mendorong siswa-siswi agar lebih kritis mengidentifikasi dan menyikapi permasalahan di sekitarnya, dan berani ikut andil dalam memberikan solusi. Apa yang kami berikan adalah kail, bukan ikan," katanya.

"Kami tidak memberikan semuanya, tapi untuk memancing semua pihak melakukan yang lebih baik lagi, sehingga bisa mengintegrasikan kekuatan kita bersama demi keberlanjutan pengembangan kualitas pendidikan di negara yang kita cintai ini,” tambahnya.

Dalam ajang tersebut, SDN 1 Tongo, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat berhasil menjadi juara 1 pada Trakindo Innovakids 2022, melalui produk inovasinya yaitu tempat cuci tangan elektrik.

Sedangkan Sapa Saya Raja dari SDN 005 Sekupang, Batam, Kepulauan Riau menjadi presenter terfavorit dengan menceritakan produk inovasinya yaitu air purifier.

Baca juga: Presiden: pendidikan karakter harus ditumbuhkan sejak dini

Baca juga: Mendikbud: pendidikan SD-SMP akan berbasis karakter

Baca juga: Karakter baik harus dibentuk sejak usia dini

Baca juga: Presiden minta pendidikan SD didominasi pembangunan karakter


Pewarta: Indriani
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022