Kami tidak ada keraguan mengenai permainan kami, meskipun kami tahu kami bisa bermain lebih baik atau buruk dibanding malam ini. Filosofi kami selalu sama, kami keluar untuk menyerang. Kami delapan poin di bawah Madrid dan Betis membuat kami sulit...
Madrid (ANTARA News/AFP) - Barcelona menyia-nyiakan keunggulan dua gol sebelum mengalahkan 10-pemain Real Betis 4-2 untuk memperkecil selisih angka dengan Real Madrid yang berada di puncak klasemen La Liga, kembali menjadi lima poin pada Minggu.

Dua gol dari Lionel Messi dan masing-masing satu gol dari Xavi dan Alexis Sanchez memberi mereka kemenangan setelah Ruben Castro dan Roque Santa Cruz sempat menyamakan kedudukan.

Betis harus kehilangan Mario Vazquez yang diusir dari lapangan ketika kedudukan 2-2 dan waktu tersisa 20 menit. Sementara Barca tidak pernah tertinggal.

Sekarang fokusnya adalah Piala Spanyol pada Rabu ketika dua tim raksasa saling berhadapan pada leg pertama babak perempat final.

Real Madrid bangkit dari ketertinggalan pada Sabtu untuk meraih kemenangan 2-1 di Mallorca dengan gol menjelang akhir dari Gonzalo Higuain dan Jose Callejon.

"Piala (Spanyol) adalah kompetisi yang berbeda sehingga kami harus mengubah mentalitas kami. Apa yang kami lakukan sekarang adalah kami akan habis-habisan untuk lolos dari pertandingan tersebut," kata Xavi.

"Kami tidak ada keraguan mengenai permainan kami, meskipun kami tahu kami bisa bermain lebih baik atau buruk dibanding malam ini. Filosofi kami selalu sama, kami keluar untuk menyerang. Kami delapan poin di bawah Madrid dan Betis membuat kami sulit karena mereka menginginkan bolanya."

Pelatih Barca Pep Guardiola menambahkan mengenai pertandingan Rabu: "Selalu menyenangkan memasuki pertandingan setelah meraih kemenangan, tetapi kami tahu siapa yang akan kami lawan dan kami akan berusaha memainkan permainan terbaik yang kami bisa."

Betis mengawali pertandingan sebagai tim yang lebih baik di Camp Nou dan menguji Victor Valdes dua kali pada menit-menit pembuka.

Namun itu hanya membangunkan tim tuan rumah ketika Xavi, yang memainkan pertandingan liga yang ke-400 bagi klub tersebut, membawa mereka unggul lebih dulu pada menit ke-10, mengikuti tendangan Cesc Fabregas yang membentur tiang gawang.

Dua menit kemudian Barca unggul dua gol ketika Messi mengarahkan bola ke gawang setelah permainan bagus di sisi kiri dari Sanchez.

Akan tetapi Betis melanjutkan serangan ke Barcelona dengan umpan yang indah dan gerakan bola yang bagus.

Keberhasilan mereka terjadi pada menit ke-32 ketika Castro mendapat kesempatan menyelesaikan umpan dari Salva Sevilla dari jarak dekat setelah permainan bagus Jorge Molina menarik Valdes keluar dari posisinya.

Itu adalah gol pertama dalam liga yang membobol gawang Barcelona di kandang sendiri sepanjang musim ini.

Terdorong oleh keberhasilan tersebut, tidak mengejutkan ketika Santa Cruz menyamakan kedudukan pada menit ke-52.

Dengan aliran umpan di sudut ketat Betis mempermainkan tim juara bertahan itu pada permainan mereka sendiri.

Akan tetapi, ketika Barca memperoleh keuntungan jumlah pemain pada menit ke-71, mereka harus mengerahkan segalanya untuk memperoleh kemenangan.

Alexis menyarangkan gol ketiga lima menit kemudian melalui tendangan rendah dari tepi area penalti setelah mendapat umpan dari Xavi.

Messi menyudahi Betis dari titik penalti ketika waktu tersisa empat menit setelah Jose Dorado menyentuh bola dengan tangannya di area tersebut.

Athletic Bilbao mengalahkan Levante 3-0 untuk memperkecil jarak menjadi empat poin dengan lawan mereka yang berada di posisi keempat dan mendekati posisi untuk memperoleh tempat pada Liga Champions.

Hasil tersebut mengangkat mereka ke atas Sevilla dan Espanyol, ke posisi kelima.

Athletic sekarang hanya kalah satu pertandingan pada 11 pertandingan terakhir mereka dalam semua kompetisi sejak awal Desember dan menanti 2012 yang menarik dengan seluruh pertandingan yang harus dimainkan dalam La Liga, Liga Europa dan Piala Spanyol.

Malaga kehilangan peluang untuk naik ke posisi kelima ketika mereka kalah tandang 1-2 di Sporting Gijon.

Racing Santander memperoleh kemenangan tandang pertama mereka musim ini ketika unggul 2-0 atas Osasuna.

(F005/A011) 

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012