ketika sudah selesai direnovasi, gedung tersebut menjadi salah satu rujukan kegiatan seni budaya masyarakat Jakarta
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengalokasikan anggaran sekitar Rp7 miliar untuk mendukung renovasi gedung Wayang Orang Bharata, Jakarta.

"Tempat ini kelihatannya memang sudah perlu renovasi, jadi nanti Insya Allah kami dukung renovasinya," kata Anies ketika menyaksikan pertunjukan Wayang Orang Bharata di Jakarta, Kamis.

Ia mengharapkan ketika sudah selesai direnovasi, gedung tersebut menjadi salah satu rujukan kegiatan seni budaya masyarakat Jakarta.

Tak hanya itu, pementasan wayang orang di gedung legendaris itu menjadi salah satu pilihan masyarakat mengisi waktu atau berkunjung ketika hari libur.

"Banyak sekali keluarga yang hari ini mencari kemana saya bisa mengajak anak-anak untuk memanfaatkan masa longgar termasuk masa libur dan harapannya ini menjadi salah satu pilihan," ucapnya.

Tak hanya itu, lanjut dia, upaya pelestarian dan pengembangan budaya bisa dilakukan sehingga kegiatan seni budaya bisa terus berkembang meski zaman terus berubah.

Di sisi lain, kata Anies, kegiatan kebudayaan tidak serta merta diserahkan kepada mekanisme pasar.

Untuk itu, pemerintah harus hadir apalagi kegiatan seni budaya sempat terkendala selama hampir dua tahun karena pandemi COVID-19.

"Jadi karena itu kani merasa, harus ikut tanggung jawab. Jadi masa sulit dan lain-lain, memang semua mengalami kesulitan kemarin, tapi ini salah satu yang harus diselamatkan dari kesulitan (COVID-19) itu," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Anies didampingi Kepala Dinas Kebudayaan DKI Iwan Henry Wardhana serta sejumlah petinggi BUMD DKI Jakarta.

Kehadiran Anies untuk menyaksikan wayang orang juga didampingi Ketua Paguyuban Wayang Orang Bharata Pujo Setyo.
Baca juga: Senyum ARMY galang dana melalui pameran seni di Jakarta dan Bandung
Baca juga: Pasar Seni jadi lokasi pencanangan HUT Ke-495 Jakarta di Jakarta Utara
Baca juga: Sanggar seni diyakini bisa tangkal kenakalan remaja di Jakarta

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022