Selanjutnya akan ada penyerahan di KBRI oleh kepolisian setempat kepada pihak keluarga.
Jakarta (ANTARA) - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo menyebutkan Polri telah menerima pemberitahuan terkait dengan penemuan jenazah Emmeril Khan Mumtadz, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Informasi tersebut diperoleh dari hasil komunikasi dengan SLO Polri di Jerman dengan Kepolisian Swiss.

"Betul dari hasil komunikasi dengan kepolisian setempat bahwa jenazah Eril ditemukan oleh kepolisian penjaga pintu air," kata Dedi saat dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Kamis malam.

Dedi mengatakan bahwa Polri menerima informasi temuan jenazah Eril dari senior liaison officer (SLO) Polri yang ada di Jerman sekitar pukul 18.00 WIB.

"Tadi sekitar magrib dapat info dari SLP Polri yang ada di Jerman," kata Dedi.

Langkah selanjutnya setelah temuan tersebut, kata dia, jenazah aman diserahkan kepada pihak keluarga untuk dipulangkan ke Indonesia.

"Selanjutnya akan ada penyerahan di KBRI oleh kepolisian setempat kepada pihak keluarga," ujar Dedi.

Dalam pencarian Eril, Polri proaktif memantau operasi pencarian, dan mengajukan penerbitan Yellow Notice guna membantu operasi pencarian.

Sebelumnya, kepastian ditemukannya jasad Emmeril, yang akrab disapa Eril, disampaikan oleh Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad berdasarkan keterangan dari Kepolisian Kanton Bern.

Jasad Emmeril Kahn Mumtadz yang hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, telah ditemukan pada hari Rabu (8/6) pukul 06.50 waktu setempat.

Setelah penemuan tersebut, tim forensik kepolisian segera melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan bahwa jasad tersebut adalah Eril.

"Pada hari Kamis, 9 Juni siang waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi hasil tes DNA bahwa jasad yang ditemukan kemarin adalah benar Ananda Eril," tutur Muliaman.

Muliaman menegaskan bahwa KBRI akan memastikan penghormatan terhadap hak-hak Eril sebagai muslim terpenuhi sesuai dengan syariat Islam sebelum jenazahnya dipulangkan ke Indonesia.

Rilis yang diterbitkan Kepolisian Bern pada hari Kamis menyebutkan bahwa pada Rabu pagi telah ditemukan jasad seorang pria di bendungan air Engehalde, Bern.

Jasad yang kemudian diketahui adalah Eril tersebut segera diselamatkan oleh pihak berwenang setempat.

Eril dinyatakan hilang saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss, Kamis, 26 Mei 2022. Menurut pernyataan polisi setempat, pemuda 22 tahun itu mengalami situasi darurat saat berenang di sungai tersebut.

Baca juga: Polri belum menutup Yellow Notice putra Ridwan Kamil

Baca juga: KBRI Bern kawal pemulangan jenazah Eril

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022