Kami ada di grup berat, tetapi kami akan berjuang maksimal
Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bola basket Indonesia U-16 putra siap bersaing dalam Kejuaraan Asia FIBA 2022 yang akan digelar di Doha, Qatar pada 12-17 Juni.

Menurut keterangan resmi ari PP Perbasi, Kamis, ada 16 pemain yang masuk dalam roster. Skuad Garuda tergabung ke dalam Grup B dan akan memulai perjuangan dengan menghadapi Lebanon pada 12 Juni sebelum menantang Iran satu hari berselang.

Pelatih timnas bola basket U-16 Rifki Antolyon mengatakan bahwa persaingan di Grup B terbilang berat karena Iran dan Lebanon memiliki kultur bola basket yang lebih baik daripada Indonesia.

Baca juga: Timnas basket bawa 16 pemain untuk TC di Australia

Namun Rifki memastikan anak asuhnya siap memberikan penampilan maksimal dan memetik kemenangan demi kemenangan dan mencapai target menembus delapan besar.

Indonesia harus bisa finis setidaknya di posisi dua besar Grup B untuk melanjutkan pertandingan ke babak perempat final.

“Kami ada di grup berat, tetapi kami akan berjuang maksimal. Jika nanti berada di peringkat ketiga Grup B, masih ada satu laga lagi yang disilang melawan peringkat dua Grup A yang bisa kita ambil. Ini partai perebutkan tiket delapan besar. Kami yakin bisa," kata Rifki dalam keterangan resmi PP Perbasi, Kamis.

Kejuaraan Asia FIBA U-16 2022 diikuti 13 tim yang dibagi menjadi empat grup. Grup A diisi Australia, Bahrain, India, dan Qatar. Kemudian Grup C ada Jepang, Filipina dan Kuwait. Sedangkan Grup D dihuni Korea Selatan, Selandia Baru, dan Kazakhstan.

Baca juga: Timnas basket Indonesia diguyur bonus Rp5 miliar berkat emas SEA Games

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022