Jakarta (ANTARA) - Ingin tampil gaya dengan barang bermerek tapi tak perlu menguras isi dompet? Barang-barang pre-loved alias bekas yang masih layak pakai dapat menjadi pilihan.

Label mode barang pre-loved Pixie Authentic mengkhususkan jual-beli barang-barang pre-loved dari kebutuhan fesyen, mulai dari dompet, sepatu, baju, hingga tas bermerek, dengan penawaran harga yang kompetitif di pasarnya.

Baca juga: Panduan berburu fesyen "preloved" bagi pemula

Pixie Authentic menjadi salah satu bukti bahwa UMKM asal Indonesia dalam kategori mewah juga mampu berkontribusi dalam perputaran roda perekonomian Indonesia.

Melvin, pendiri Pixie Authentic menyampaikan, “Awal mulai terbentuknya bisnis ini dimulai dari kebiasaan saya melakukan decluttering barang di rumah."

"Karena melihat tren masa kini terhadap jual-beli barang-barang pre-loved, khususnya untuk label mode ternama dunia (luxury), saya termotivasi untuk bisa 'mendaur ulang' barang-barang yang sudah tidak terpakai untuk dijadikan sebagai investasi penerus Wanita Indonesia melalui label Pixie Authentic,” ungkap Melvin dalam keterangannya, Jumat.

Label bisnis UMKM rumahan menghadirkan barang-barang fesyen siap pakai yang awalnya dijual lewat Instagram pada 2017, kemudian merambah ke gerai offline pada 2021 di Ruko Golf Island, PIK, Jakarta Utara.

Baca juga: Tips beli barang-barang mewah bekas

Bisnis UMKM untuk kategori pre-loved ini ia kembangkan dari hanya memiliki 2 karyawan, hingga saat ini dia memiliki 8 karyawan melalui gerai offline dan tetap menjalankan kanal jual-beli daring di Instagram.

"Kami juga melihat adanya peningkatan transaksi sebanyak 50 persen dari tahun lalu (YoY). Ini menandakan bahwa bisnis jual-beli barang pre-loved terbilang menjanjikan. Selain itu, kami juga turut senang dan bangga menjadikan label kami sebagai investasi berkelanjutan yang dapat dipakai oleh khalayak masyarakat Indonesia pada umumnya tanpa harus mengeluarkan biaya berlebih tanpa menghilangkan esensi orisinalitas barang fesyen yang dimiliki,” tambah Melvin.

Pixie Authentic membuka gerai pop-up booth offline di Grand Indonesia hingga 12 Juni 2022, dan menghadirkan berbagai kategori barang seperti tas, dompet, sepatu, dan baju dari jenama Louis Vuitton, Chanel, Gucci, Prada, Tory Burch, FENDI, Hermes dan Balenciaga.

Melvin mengatakan, semua barang yang dijual sudah terjamin keasliannya. Ia melakukan kurasi barang dan penyesuaian harga jual beli sesuai pangsa pasar, jenis dan kualitas barang. Harga yang ditawarkan berkisar antara Rp500.000 hingga Rp200 juta.

“Harapan kedepannya, Pixie Authentic yang juga sebagai pelaku UMKM di industri fesyen di Indonesia bisa menjadi market leader di industri bisnis ini, berinovasi untuk tren-tren masa kini, guna mendukung kebutuhan fesyen masyarakat Indonesia, terlebih memenuhi kelengkapan investasi jangka panjang yang dapat dipakai hingga kapanpun dengan penawaran terbaik dari kami,” tutup Melvin.


Baca juga: Kiat menjual baju tak terpakai

Baca juga: Carousell hadirkan bazaar barang bekas

Baca juga: Pedagang baju bekas Pasar Senen raup omzet hingga Rp12 juta per hari


​​​​

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022