Pada pukul 09.05 WIB, sistem pendistribusian berita penerbangan telah berjalan normal, dan pengiriman berita penerbangan dapat dikirimkan secara otomatis oleh sistem dan kembali diterima dengan lancar oleh unit operasional ATC.
Jakarta (ANTARA) - Airnav Indonesia menyatakan bahwa sistem di AirNav Cabang Jakarta Air Traffic Services Center (JATSC) telah kembali normal,kata Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Rosedi.

"Pada pukul 09.05 WIB, sistem pendistribusian berita penerbangan telah berjalan normal, dan pengiriman berita penerbangan dapat dikirimkan secara otomatis oleh sistem dan kembali diterima dengan lancar oleh unit operasional ATC," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Rosedi menjelaskan, pada  Jumat (10/6) pukul 06.10 WIB, terjadi gangguan sistem yang mengakibatkan berita penerbangan tidak terdistribusi dengan lancar kepada unit operasional Air Traffic Control (ATC) di AirNav Cabang Jakarta Air Traffic Services Center (JATSC).

Baca juga: AirNav pastikan layanan penerbangan Mamuju normal pasca-gempa hari ini

Gangguan tersebut menyebabkan sejumlah penerbangan mengalami keterlambatan dari jadwal yang direncanakan selama rata-rata 10 - 40 menit.

Pada saat terjadi gangguan, AirNav Indonesia segera melakukan langkah-langkah mitigasi agar penerbangan dapat kembali dilayani secara normal, yaitu dengan mengirimkan berita penerbangan yang dibutuhkan secara manual, sementara sistem pendistribusian berita penerbangan diperbaiki.

Baca juga: AirNav Indonesia terima 23 laporan penerbangan balon udara liar

Rosedi mengungkapkan, AirNav menyampaikan permohonan maaf atas kendala yang terjadi dan segala bentuk dampak yang timbul atas kendala tersebut.

AirNav berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pengguna jasa serta melakukan segala upaya terbaik dan tercepat dalam penyelesaian masalah teknis dalam memberikan pelayanan.

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022