Jakarta (ANTARA) - Grammy Awards akan menghadirkan lima kategori nominasi baru yang akan dimulai pada seremoni tahun depan.

Dikutip dari Reuters, Jumat, penyelenggara Grammy telah mengonfirmasi bahwa pihaknya akan menghadirkan beberapa kategori baru seperti penghargaan untuk penulisan lagu, serta penghargaan khusus untuk lagu terbaik untuk perubahan sosial.

Recording Academy mengatakan bahwa pihaknya akan menambahkan penghargaan untuk penulis lagu tahun (non-klasik) untuk penilaian "penulis lagu non-performing dan non-produksi paling produktif untuk karya baru mereka yang dirilis selama tahun kelayakan".

Baca juga: BTS gagal lagi raih Grammy

Baca juga: Ini daftar pemenang Grammy Awards 2022


Kategori baru yang akan dihadirkan juga termasuk pertunjukan musik alternatif terbaik, pertunjukan America terbaik, Soundtrack skor terbaik untuk video game, dan media alternatif lainnya serta album puisi lisan terbaik.

Recording Academy juga mengatakan bahwa mereka akan memperkenalkan penghargaan prestasi khusus untuk lagu terbaik untuk perubahan sosial, yang harus berisi konten liris yang membahas masalah sosial tepat waktu dan mempromosikan pemahaman, pembangunan, perdamaian dan empati.

"Kami sangat bersemangat untuk menghormati komunitas pencipta musik yang beragam ini melalui penghargaan dan amandemen yang baru dibentuk, dan untuk terus mengembangkan lingkungan yang menginspirasi perubahan, kemajuan dan kolaborasi," kata Kepala Eksekutif Recording Academy Harvey Mason Jr.

"Prioritas utama Academy adalah untuk secara efektif mewakili orang-orang musik yang kami layani, dan setiap tahun, yang perlu mendengarkan anggota kami dan memastikan aturan dan pedoman kami mencerminkan industri kami yang terus berkembang," tambahnya.

Grammy Awards 2023 akan menjadi edisi ke-65 dari upacara tahunan penghargaan tertinggi dalam industri musik tersebut. Upacara ini juga akan diundur ke April dari Januari karena lonjakan kasus COVID-19 dan dipindahkan dari Los Angeles ke MGM Grand Garden Arena di Las Vegas.

Baca juga: Foo Fighters menang tiga Grammy, sepekan setelah kematian drummer

Baca juga: Olivia Rodrigo raih Grammy kategori pendatang baru terbaik

Baca juga: Penyanyi Pakistan Arooj Aftab sabet Grammy pertama

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022