Ada dua desa dan enam kelurahan di dua kecamatan itu yang kebanjiran
Baturaja, Sumsel (ANTARA) - Ribuan rumah warga di Kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan dilanda bencana banjir akibat intensitas curah hujan tinggi yang terjadi pada Kamis (9/6) malam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Komering Ulu (OKU), Amzar Kristopa di Baturaja, Jumat mengatakan, hujan deras yang terjadi sejak Kamis petang hingga malam hari menimbulkan bencana banjir di sejumlah ruas wilayah Kota Baturaja.

Berdasarkan data sementara, dampak dari musibah bencana alam itu tercatat sebanyak 1.022 rumah warga yang tersebar di dua kecamatan yaitu Baturaja Barat dan Baturaja Timur dilanda banjir.

"Ada dua desa dan enam kelurahan di dua kecamatan itu yang kebanjiran," katanya.

Permukiman padat penduduk itu dikepung banjir dengan ketinggian air bervariasi antara 30 centimeter hingga 3 meter.

Beruntung, kata dia, akibat bencana alam yang terjadi hampir setiap tahun tersebut tidak menimbulkan korban jiwa karena sebagian besar masyarakat mengungsi ke dataran tinggi sebelum datang.

BPBD OKU bersama TNI dan Polri turut membantu evakuasi korban banjir menggunakan peralatan lengkap untuk meminimalisir kerugian materi dan korban jiwa.

"Untuk kondisi saat ini banjir sudah mulai surut. Team Reaksi Cepat BPBD OKU juga telah melaksanakan kaji cepat guna mengantisipasi banjir susulan," demikian Amzar Kristopa..

Baca juga: 495 rumah warga di Baturaja Sumsel diterjang banjir

Baca juga: Ratusan rumah warga di kabupaten OKU Sumsel terendam banjir

Baca juga: BPBD OKU evakuasi empat unit mobil nyaris tenggelam akibat banjir

Baca juga: Sejumlah kawasan di Baturaja Ogan Komering Ulu Sumsel terendam banjir

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022