Jakarta (ANTARA) - Nama Pratama Arhan cukup familiar bagi penggemar sepak bola di Indonesia dan kini mantan pemain PSIS Semarang ini menjadi satu di antara 15 pemain asal Asia Tenggara yang memperkuat tim Liga Jepang atau lebih dikenal dengan J.League.

Pemain yang saat ini dipanggil memperkuat Timnas Indonesia untuk kualifikasi Piala Asia itu, berdasarkan data dari J.League yang dihimpun media di Jakarta, Jumat, adalah pemain untuk klub kasta kedua atau J2, Tokyo Verdy.

Tidak hanya Pratama Arhan, ada satu lagi pemain Indonesia yang merumput di Liga Jepang yakni Ryu Nugraha. Pemain dengan posisi penjaga gawang ini memperkuat tim kasta ketiga, AC Nagano Parceiro.

Baca juga: Liga Utama Jepang jadi miniatur sepak bola dunia

Jika pemain Indonesia belum bisa menembus Liga Utama Jepang yang dikenal Meiji Yasuda J1 League, berbeda dengan Thailand yang sukses menempatkan tiga wakil yakni Chanathip Songkrasin di Kawasaki Frontale, Supachok Sarachat di Hokkaido Consadole Sapporo dan Chaowat Veerachat di Cerezo Osaka.

Satu lagi pemain asal Asia Tenggara yang sukses menembus Liga Utama Jepang yakni penjaga gawang asal Vietnam, Dang Van Lam, yang sudah membela Cerezo Osaka sejak musim lalu. Pemain ini sebelumnya memperkuat tim Muangthong United Thailand.

Banyaknya pemain Asia Tenggara di Liga Jepang musim ini karena tidak ada batasan khusus berapa pemain asing yang boleh direkrut setiap tim, hanya saja maksimal ada lima pemain asing dalam 18 pemain yang dibawa dalam satu pertandingan.

Akan tetapi, aturan ini tidak berlaku untuk negara-negara yang bekerja sama dengan J.League, termasuk negara-negara Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, Myanmar, Malaysia, Kamboja, Singapura, dan Indonesia.

Artinya, pemain asal negara-negara tersebut statusnya tidak dihitung sebagai pemain asing pada hari pertandingan dan tak masuk dalam hitungan maksimal lima pemain asing tersebut. Aturan ini membuat banyak klub J.League yang kemudian merekrut pemain-pemain asal Asia Tenggara.

Baca juga: Brazil dominasi asal pemain asing di Liga Utama Jepang

Berikut ini daftar pemain Asia Tenggara di Meiji Yasuda J.League 2022:

Meiji Yasuda J1 League

Chanathip Songkrasin (Thailand) - Kawasaki Frontale
Supachok Sarachat (Thailand) - Hokkaido Consadole Sapporo
Chaowat Veerachat (Thailand) - Cerezo Osaka
Dang Van Lam (Vietnam) - Cerezo Osaka

Meiji Yasuda J2 League

Jefferson Tabinas (Filipina) - Mito Hollyhock
Paul Tabinas (Filipina) - Iwate Grulla Morioka
Sittichok Paso (Thailand) - FC Ryukyu
Vu Hong Quan (Vietnam) - FC Ryukyu
Pham Van Luan (Vietnam) - FC Ryukyu
Pratama Arhan (Indonesia) - Tokyo Verdy

Meiji Yasuda J3 League

Hadi Fayyadh (Malaysia) - Azul Claro Numazu
Bui Ngoc Long (Vietnam) - Azul Claro Numazu
Nguyen Van Son (Vietnam) - Azul Claro Numazu
Nguyen Ngoc Hau (Vietnam) - Azul Claro Numazu
Ryu Nugraha (Indonesia) - AC Nagano Parceiro

Baca juga: Fakta unik kompetisi Liga Jepang, Meiji Yasuda J1 League 2022

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022