Kompetensi pekerja dalam pengelolaan lingkungan menjadi kunci untuk menjalankan komitmen perusahaan.
Jakarta (ANTARA) - PT Patra Jasa berkomitmen melakukan penerapan pengelolaan lingkungan untuk mencapai target nihil pencemaran lingkungan di seluruh unit operasi yang dijalankan oleh perusahaan.

Manajer HSSE Patra Jasa Rizuli Akbar mengatakan pihaknya berusaha memenuhi peraturan perundang-undangan terkait lingkungan, menempatkan upaya pengelolaan lingkungan sebagai prioritas utama, serta mengajak pihak untuk menjalankan upaya pengelolaan dan pelestarian lingkungan.
 
"Kompetensi pekerja dalam pengelolaan lingkungan menjadi kunci untuk menjalankan komitmen perusahaan," kata Rizuli dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Baca juga: KLHK sebut perlu berbagai sumber pendanaan pengelolaan lingkungan

Anak usaha Pertamina ini lantas menyelenggarakan pelatihan dan workshop pengelolaan lingkungan serta sosialisasi Sistem Informasi Pelaporan Elektronik (Simpel), bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada pertengahan Mei 2022 lalu.
 
Kepala Seksi Notifikasi Limbah B3 KLHK Amelia Rachmatunisa mengatakan aplikasi Simpel menjadi parameter pengelolaan lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan.
 
"Perusahaan harus melaporkan ketaatan pengelolaan lingkungan melalui Simpel sebagai indikator evaluasi kinerja pengelolaan lingkungan perusahaan," kata Amelia.

Baca juga: Industri hotel disebut akan alami pergeseran rantai pasok
 
Rizuli mengatakan bahwa pihaknya akan terus meningkatkan pemahaman dan kompetensi pekerja atas implementasi pengelolaan lingkungan di setiap bisnis, membangun komunikasi, koordinasi, dan konsultasi yang lebih optimal dalam memenuhi ketaatan pengelolaan lingkungan.
 
"Perusahaan ingin memastikan ketaatan pengelolaan lingkungan di setiap unit bisnis sudah sesuai dengan persyaratan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku untuk mencapai peringkat kinerja pengelolaan lingkungan taat dan peningkatan kinerja ESG perusahaan," jelas Rizuli.

Patra Jasa merupakan perusahaan yang bergerak melalui tiga pilar bisnis, yaitu property & development, hotels & resorts, serta services. Perusahaan ini beroperasi pertama kali di industri perhotelan sejak tahun 1975, dan terus melebarkan sayap merambah bisnis properti dan multi jasa.

 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022