Jakarta (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat mengabadikan nama legenda renang Indonesia Lukman Niode sebagai nama ruang rapat di lantai 10 Gedung KONI Pusat, Senayan, Jakarta.

Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman mengatakan penamaan ini sebagai penghormatan kepada mendiang Lukman Niode atas dedikasi semasa hidup untuk prestasi olahraga di Tanah Air.

"Saya bersama para pengurus selalu gunakan ruangan rapat ini untuk meningkatkan pembinaan olahraga prestasi. Ruang rapat ini adalah ruang rapat utama yang menghasilkan keputusan strategis," kata Marciano saat meresmikan Ruang Rapat Lukman Niode, Jumat.

Marciano juga mengungkapkan semasa menjadi atlet, Lukman Niode memiliki segudang prestasi membanggakan. Selepas pensiun, mendiang juga turut andil besar dalam memajukan prestasi olahraga nasional sebagai Wakil Kepala Bidang Pembinaan Prestasi (Wakabid Binpres) KONI Pusat masa bakti 2019-2023.

Baca juga: Olimpian Lukman Niode meninggal dunia lantaran COVID-19
Baca juga: Menpora: Dunia olahraga kehilangan Lukman Niode


Lukman Niode yang akrab disapa Lucky meninggal dunia di RS Pelni Jakarta pada 17 April 2020 dalam usia 56 tahun.

Sepanjang karier, dia tercatat pernah meraih sembilan medali emas SEA Games dalam periode 1977-1983.

Pada 1984, Lucky mewakili Indonesia pada pesta olahraga terbesar di dunia yakni, Olimpiade Los Angeles.

Dalam peresmian Ruang Rapat Lukman Niode, turut hadir rekan sesama mantan atlet yang tergabung dalam Asosiasi Olimpian Indonesia (IOA) seperti mantan perenang nasional Muhammad Akbar Nasution dan dari atletik Dedeh Erawati, serta yang lainnya.

Turut hadir pula Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) yang diwakili Sekjen Ali Patiwiri.

"Saya banyak belajar dan terinspirasi dari mendiang Lucky. Banyak hal yang dia berikan dengan semangat luar biasa yang tentunya menjadi pemantik prestasi atlet-atlet muda lainnya," kata Akbar Nasution.

Baca juga: KONI: Utamakan cabang olahraga banyak nomor pertandingan
Baca juga: KONI Pusat pererat hubungan dengan pembina olahraga prestasi Indonesia

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022