Surabaya (ANTARA) - Sebanyak 15 Pimpinan Anak Cabang (PAC) Partai Demokrat Surabaya mengawal anggota DPRD Surabaya, Herlina Harsono Njoto, mendaftarkan diri sebagai calon ketua DPC Partai Demokrat Surabaya, Jumat.

"Mudah-mudahan ikhtiar kami mendorong Ibu Herlina maju pada Muscab (musyawarah cabang) pada 20 Juni nanti membuahkan hasil," kata Ketua Dewan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Partai Demokrat Kenjeran, Mustaqim, saat mengantarkan Herlina daftar ke Kantor DPD Partai Demokrat Jatim di Jalan Raya Kertajaya Indah Nomor 82, Surabaya.

Menurut dia, Njoto memutuskan maju setelah belasan PAC menemuinya pada halal bihalal pada 13 Mei 2022. Belasan PAC meminta Herlina mencalonkan diri pada Muscab Partai Demokrat Surabaya yang dimulai 10 hari lagi.

Baca juga: Demokrat mempertanyakan efektivitas waktu kampanye 90 hari

Hal sama juga dikatakan Ketua PAC Sukolilo, Nomo Sujarwadi. Dia berharap ada sosok yang mampu mengembalikan kejayaan Partai Demokrat di Surabaya. Sebab, suara partai berlambang Mercy itu tergerus dalam dua periode DPRD Surabaya.

"Nahkoda Demokrat di Surabaya ini perlu sosok yang super. Punya kapabilitas, diterima semua kalangan dan punya jejaring kuat," kata dia.

Sementara itu, Herlina nampak riang ketika melihat pendukungnya yang berkumpul di depan kantor DPD Jatim. Sambil menggandeng suaminya, dia menyapa satu persatu pimpinan PAC yang memakai seragam kebesaran partai itu.

"Mari berdoa sama-sama. Semoga dapat hasil terbaik," kata ahli psikologi yang sedang menempuh studi S3 di Universitas Airlangga itu.

Baca juga: AHY Minta Demokrat menangkan hati dan pikiran untuk raih kemenangan

Mantan ketua Komisi A DPRD Surabaya itu mengajak semua pihak untuk tidak saling menyerang. Menurut dia, demokrasi akan maju jika masing-masing pihak beradu gagasan. "Mari sama-sama sampaikan program kerja dan keunggulan masing-masing. Tidak perlu saling menjatuhkan," ujar dia.

Dengan majunya Herlina, Muscab DPC Demokrat Surabaya bakal mempertemukan dua kandidat yakni anggota DPR, Lucy Kurniasari, yang lebih dulu mendaftarkan diri satu jam sebelum kedatangan Herlina.

DPD Demokrat Jatim bakal memverifikasi berkas kedua kandidat hingga 19 Juni nanti. Muscab bakal digelar di Hotel Shangrila Hotel, pada 20 Juni. Kandidat yang memperoleh suara DPC terbanyak bakal memimpin kebangkitan Partai Demokrat hingga 2027 nanti.

Baca juga: Pengamat: Partai Demokrat targetkan usung AHY pada Pilres 2024

Kepala Badan Pembina Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) DPD Partai Demokrat Jatim Mugianto berharap apa yang menjadi maksud dan tujuan dua bakal calon dari Surabaya itu berjalan lancar.

"Syarat syarat mendaftar sudah terpenuhi baik dari Kubu Herlina dan juga Kubu Lucy semua memenuhi syarat. Minimal dapat dukungan lebih dari 20 persen dari jumlah pemilik hak suara," ujar Mugianto.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022