Jakarta (ANTARA) - Daniel Ricciardo pada Jumat mengatakan ia telah berbicara dengan bos tim McLaren Zak Brown dan merasa mendapat dukungan penuh dari timnya di tengah spekulasi tentang masa depan sang pebalap Australia itu di Formula 1.

Ricciardo (32) berlabuh ke McLaren dari Renault pada musim lalu dan memiliki kontrak hingga akhir 2023.

Akan tetapi di saat ia masih belum mampu menguasai mobil tim berbasis di Woking, Inggris itu, muncul pertanyaan apakah dia akan bertahan hingga akhir masa kontraknya.

Spekulasi semakin memanas setelah Brown mengonfirmasi adanya klausul keluar dalam kontrak Ricciardo dua pekan lalau di Indy 500, pada akhir pekan yang sama saat berlangsungnya Grand Prix Monako, sembari mengumumkan tim IndyCar McLaren telah memperpanjang kontrak dengan Pato O'Ward, kandidat pebalap F1.

"Kejelasannya tegas bagi kami untuk terus maju, kontrak saya jelas dengan tim hingga akhir tahun depan, saya sangat berkomitmen," kata Ricciardo dikutip Reuters di Grand Prix Azerbaijan.

"Saya mendapat dukungan penuh dari tim dan kami ingin melakukan ini bersama."

Baca juga: Bos McLaren berharap Ricciardo segera temukan kecepatan

Ricciardo, juara delapan Grand Prix, mempersembahkan kemenangan pertama bagi McLaren sejak GP Brazil 2012 ketika ia finis pertama di Monza, Italia, tahun lalu.

Namun, ia baru dua kali finis dengan poin musim ini, salah satunya diraih saat sprint race di Imola.

Rekan satu timnya, Lando Norris, yang mengalahkan Ricciardo musim lalu dan telah diberi perpanjangan kontrak hingga akhir 2025, telah satu kali naik podium dan enam kali finis dengan poin, termasuk di sprint Imola, dari tujuh balapan yang telah digelar sejauh musim ini.

Ricciardo, yang tiga kali finis di klasemen umum saat berseragam Red Bull, mengatakan ia tidak terlalu banyak membaca komentar Brown dan menyatakan masih percaya diri.

"Saya rasa di lubuk hati, saya masih tahu apa yang bisa saya lakukan, saya masih yakin saya memiliki (kemampuan) itu," kata dia.

"Di sini bukan tempatnya bagi kepercayaan diri yang rendah... saya rasa di olahraga ini semuanya berjalan di level yang tinggi dan apabila sesuatu sedikit melenceng maka itu akan memiliki dampaknya.

"Saya rasa saya harus kembali ke posisi di mana saya senada dengan mobil dan maka hasil itu akan datang."

Baca juga: Lewis Hamilton dianugerahi gelar warga kehormatan Brazil
Baca juga: Gasly terbuka terhadap semua opsi menyusul perpanjangan kontrak Perez
Baca juga: GP Azerbaijan: Sirkuit Baku dalam angka

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022