Jakarta (ANTARA) - Akurasi tembakan tripoin Stephen Curry menjadi aspek yang paling mencolok dalam statistik Gim 4 Final NBA ketika Golden State Warriors mengalahkan Boston Celtics 107-97 di TD Garden, Jumat (10/6) waktu setempat.

Curry menjadi pemain yang paling banyak melepaskan percobaan tripoin dalam Gim 4 dengan 14 kali dan ia berhasil mengkonversi separuh di antaranya untuk menopang raihan total 43 poin.

Bintang Celtics Jayson Tatum juga mencapai akurasi tembakan tripoin 50 persen, tapi ia hanya melepaskan delapan percobaan saja dari luar busur.

Torehan 43 poin Curry tersebut merupakan raihan angka terbanyaknya di fase playoff musim ini. Itu juga merupakan raihan ketiga tertinggi dalam playoff sepanjang kariernya, tapi dua lainnya datang ketika Warriors menelan kekalahan.

Baca juga: Curry borong 43 poin, Warriors rebut Gim 4 demi imbangi Celtics 2-2
Baca juga: Gim 4 Final NBA: Warriors butuh sosok selain Curry berperan lebih


Mengutip situs resmi NBA, Sabtu, sepanjang seri ini Curry telah melesakkan 25 dari 51 percobaan tripoin atau tingkat konversi 49 persen, mencapai angka tertinggi ketiga dalam penampilannya di 26 seri fase playoff.

Rata-rata 6,3 tripoin per gim dalam seri ini juga berada di urutan kedua rata-rata terbaik yang pernah dicatatkan semua pemain di fase playoff NBA dan Curry hanya kalah dari rekornya sendiri yang menorehkan rata-rata 6,5 tripoin per gim dalam final Wilayah Barat NBA 2019 melawan Portland Trail Blazers.

Berbarengan dengan kegemilangan tripoin Curry, Warriors meningkatkan akurasi tembakan luar busur mereka dari 41,5 persen di tiga gim pertama menjadi 48,1 persen di Gim 4.

Sebagaimana Warriors yang melanjutkan tren penguasaan kuarter ketiga lagi di Gim 4, Curry juga memperlihatkan hal serupa dengan melesakkan empat dari lima percobaan tripoinnya di periode tersebut meningkat dari hanya dua kesuksesan lewat delapan tembakan di dua kuarter sebelumnya.

Tren kuarter ketiga Warriors atas Celtics sepanjang Final NBA ini kembali berlanjut. Gim 4 memang memperlihatkan pemangkasan selisih menjadi hanya 30-24 dibandingkan 38-24, 35-14, dan 33-25 dalam tiga gim sebelumnya.

Secara akumulatif perolehan poin kuarter ketiga di sepanjang Final NBA adalah 136 bagi Warriors dan 87 untuk Celtics.

Teka teki Celtics menghentikan kepiawaian Warriors di kuarter ketiga, menjadi satu pertanyaan yang akan berlanjut setidaknya ketika Gim 5 dimainkan di Chase Center, Senin (13/6) waktu setempat.

Baca juga: Charlotte Hornets bajak asisten pelatih Warriors Kenny Atkinson
Baca juga: Giliran Jason Terry didekati Utah Jazz untuk posisi pelatih kepala

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022