Kita semua mendorong agar yang diutamakan adalah semangat persatuan dan kesatuan.
Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengajak insan pers untuk menyuarakan semangat persatuan dan kesatuan melalui pemberitaan, guna mencegah terjadinya polarisasi masyarakat pada Pemilu 2024.

"Jadi kita harapkan tahun 2024 ini bisa kita hindari, kita semua mendorong agar yang diutamakan adalah semangat persatuan dan kesatuan," kata Sigit, saat menghadiri kegiatan Lomba Menembak Piala Kapolri 2022, di Lapangan Tembak Korps Brimob, Depok, Jawa Barat, Sabtu.

Menurut Kapolri, selain menghadapi pemilu dan Pilkada Serentak 2024 yang tahapannya akan dimulai tanggal 14 Juni, ada banyak agenda penting yang dihadapi oleh bangsa Indonesia, seperti kegiatan presidensi, Idul Adha, dan Hari Kemerdekaan 17 Agustus.

Menghadapi semua itu, kata dia, semua pihak khususnya TNI, Polri, media massa, dan seluruh komponen masyarakat harus meningkatkan persatuan dan kesatuan.

"Kita semua mendorong agar yang diutamakan adalah semangat persatuan dan kesatuan, karena kita semua dalam kondisi menghadapi dampak global yang kita harus bersatu, seluruh elemen bangsa harus bersatu, di satu sisi kita masuk dalam situasi kondisi perhelatan politik, sehingga semuanya ini tentu harus menjadi bagian yang kita pikirkan bersama," katanya pula.

Dalam kesempatan itu, Sigit juga menyampaikan, kejuaraan menembak yang diselenggarakan oleh Polri diikuti oleh perwira tinggi TNI-Polri, insan pers, dan Dewan Pers, selain bagian dari rangkaian menyambut HUT Ke-76 Bhayangkara, juga menjadi saranan meningkatkan soliditas dan sinergi semua pihak.

Ia menyebutkan, TNI-Polri dan media massa selalu terlibat di lapangan, baik itu dalam penanganan COVID-19 dan baru-baru ini mudik Idul Fitri 2022, guna memastikan berjalan dengan baik.

"Jadi semangat hari ini tentunya kita ingin betul-betul bisa kita glorifikasi menjadi semangat bersama menghadapi event-event yang tadi saya sebutkan, baik event nasional, internasional maupun event perhelatan politik," katanya.

Mantan Kadiv Propam Polri itu pun berharap semangat soliditas dan sinergi TNI-Polri dan media massa di lapangan dapat dijaga dan menjadi contoh oleh pihak-pihak yang nantinya menjadi pendukung, tim sukses yang turun dalam event politik mendatang.

"Mudah-mudahan kita terus jaga soliditas sinergitas ini dan menjadi contoh bahwa semangat yang kita lakukan hari ini juga kita harapkan bisa diikuti rekan-rekan kita yang akan menjadi peserta kemudian tim pendukung dan tim ikut turun ke dalam event-event politik mendatang. Dan ini adalah pesan dari kita semua," kata Sigit.

Tercatat, ada 64 wartawan yang terdiri atas 21 koordinator liputan (korlip) dan 43 reporter media nasional serta 59 perwira tinggi (pati) Polri ikut berpartisipasi dalam kejuaraan lomba menembak Kapolri Cup tahun ini.

Lomba ini dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 10 dan 11 Juni, di Lapangan Tembak Hogeng Imam Santoso, Korps Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Kategori menembak bervariasi, mulai dari tembak eksekutif dengan jarak 25 meter, tembak presisi jarak 25 meter dan 100 meter yang terbagi ke dalam 4 stage menembak.

Para peserta disediakan sejumlah target berupa lempengan besi, mata bowling dan kertas target atau zeroing. Alat penunjang tembak yang disiapkan cukup modern dan canggih, sebab sasaran sudah dilengkapi dengan kamera sehingga penembak bisa melihatnya di layar monitor.

Panitia lomba dari Korps Brimob Polri juga terlatih mengarahkan peserta bagaimana cara menembak yang efektif dan mengenai target.

Tidak hanya menggelar lomba menembak, Mabes Polri juga melakukan kegiatan lainnya dalam menyambut Hari Bhayangkara Tahun 2022.

Di antaranya adalah donor darah, bakti sosial, menyediakan pengobatan gratis, khitanan massal, Festival Musik Bhayangkara, lomba kesenian bertajuk ‘Nusantara Gemilang’ seperti tarian nusantara, grup vokal, performing art, dan unsur kreativitas lain.

Lalu, lomba Tiga Pilar sekali, lomba Film Pendek bertema ’Setapak Perubahan Polri’, lomba Foto Bhayangkara, lomba iklan layanan masyarakat yang puncaknya, hingga acara lainnya yang dilakukan di seluruh jajaran kepolisian di Indonesia.
Baca juga: Lomba menembak Piala Kapolri wadah komunikasi media dan Polri
Baca juga: Kapolri harap Kapolri Cup munculkan bibit penembak profesional

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022