Purwokerto (ANTARA) - Sebanyak 26 tim mengikuti Kejuaraan Daerah E-Sports Tingkat Jawa Tengah yang dipusatkan di Kompleks Gelanggang Olahraga (GOR) Satria Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

"Peserta merupakan perwakilan kabupaten/kota di Jateng mewakili KORMI (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) masing-masing daerah," kata Ketua Umum Pengurus Provinsi Jawa Tengah Perkumpulan Olahraga Elektronik Indonesia (Indonesia Esports Association/IESPA) B.R.M. Suryo Adhityo Nuswantoro di Purwokerto, Sabtu.

Ia mengatakan 26 tim tersebut terdiri atas 12 tim untuk cabang olahraga Mobile Legends Bang Bang dan 14 tim untuk cabang olahraga PUBG Mobile.

Menurut dia, rangkaian kegiatan sudah berlangsung selama satu minggu yang dimulai dengan kualifikasi untuk cabang olahraga Mobile Legends.

"Sementara untuk PUBG Mobile, kami langsung adakan final di GOR Satria Purwokerto. Itu pelaksanaannya hanya satu hari (11/6) untuk semifinal dan final Mobile Legends serta final PUBG Mobile," kata cucu Sri Susuhunan Pakubuwono XII itu.

Adhityo mengatakan Kejurda E-Sports tersebut merupakan bagian dari Festival Olahraga Rekreasi Daerah (Forda) Tingkat Provinsi Jateng.

Dengan demikian, kata dia, pemenang dari cabang olahraga PUBG Mobile dan Mobile Legends akan menjadi wakil IESPA Jateng dalam ajang Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI di Palembang pada bulan Juli 2022.

"Insyaallah akan kami kirimkan dua tim. Mobile Legends satu tim dan PUBG Mobile satu tim," katanya.

Ia mengakui tidak semua kabupaten/kota di Jateng mengirimkan tim E-Sports karena belum semua daerah memiliki KORMI.

Kendati demikian, dia mengatakan antusiasme kabupaten/kota di Jateng untuk mengirimkan tim E-Sports cukup tinggi karena ada beberapa daerah yang mengirim lebih dari satu tim.

"Kayak Pati bisa mengirim dua tim, Salatiga, dan sebagainya itu mengirim timnya banyak karena dari daerah lain tidak menutup untuk pesertanya," kata putra KGPH Adipati Dipokusumo itu.

Lebih lanjut, Adhityo mengakui kepengurusan IESPA di Jateng masih baru dan saat sekarang pihaknya sedang membentuk formatur Pengprov IESPA Jawa Tengah.

Selain itu, pihaknya pada tahun 2022 juga memrogramkan untuk membentuk pengurus IESPA tingkat kabupaten/kota di beberapa daerah.

"Sementara yang sudah terbentuk di antaranya Pengurus Kota (Pengko) IESPA Salatiga, Pengurus Kabupaten (Pengkab) IESPA Sragen, Pengkab IESPA Pati. Rencananya menyusul Blora, Semarang, dan Karanganyar, sudah proses semua," katanya menjelaskan.

Ia menargetkan kepengurusan IESPA di seluruh kabupaten/kota se-Jateng dapat terbentuk pada tahun 2022 agar E-Sport makin dikenal oleh semua kalangan masyarakat di Jawa Tengah. 


Baca juga: Dua wakil Indonesia di MSC 2022 akan mulai bertarung hari ini
Baca juga: Free Fire rilis map baru El Pastelo dan mode ranked di bomb squad: 5v5
Baca juga: Agenda Arena of Valor pertengahan 2022, ada skin spesial Piala Dunia

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022