Jakarta (ANTARA) - Petenis Italia Matteo Berrettini mencapai final keempat dalam kariernya di lapangan rumput, Sabtu, saat dia mengalahkan petenis Jerman Oscar Otte 7-6(9/7) 7-6(7/5) pada turnamen ATP Stuttgart.

Berrettini, runner up di Wimbledon tahun lalu yang berkompetisi untuk pertama kalinya sejak Maret setelah menjalani operasi tangan, akan mencari gelar pertamanya sejak memenangi Queen's di London Juni lalu.

Berrettini akan berjuang untuk meraih trofi pada Minggu melawan Andy Murray atau Nick Kyrgios, yang bertemu nanti hari ini.

Dikutip dari AFP, peringkat 10 dunia itu memperpanjang catatannya menjadi 27-6 di lapangan rumput dan mempertahankan rekor sempurna 8-0 di Stuttgart setelah memenangi edisi 2019 di Weissenhof Club.

Berrettini dan Otte berduel selama hampir satu jam di set pertama sebelum unggulan kedua itu memecah kebuntuan dengan memenangi tiebreak.

Set kedua hampir sama, dengan petenis peringkat 61 dunia Otte menyelamatkan dua match point sebelum performanya turun hanya dalam waktu satu jam tiga perempat menit di set kedua.

Berrettini melewatkan musim tanah liat setelah absen karena cedera tangan kanan pada Maret. Namun, dia dengan cepat menemukan level terbaiknya saat kembali ke Stuttgart pekan ini, melakukan servis dengan baik dan mendikte pukulan forehandnya untuk mencapai final level tur keempat di lapangan rumput.

Dalam pertandingan yang ketat, Berrettini sekarang memimpin petenis berusia 28 tahun itu 3-0 dalam seri ATP Head2Head mereka.

"Saya sangat senang. Tiba di turnamen itu targetnya (mencapai final)," kata Berrettini dikutip dari laman resmi ATP.

"Dari memikirkannya dan benar-benar mewujudkannya adalah perbedaan besar. Saya senang saya di sini dan memiliki kesempatan lain untuk memainkan final lagi setelah berbulan-bulan tanpa bermain dan setelah operasi besar pertama dalam karier saya."

"Ini berarti ini adalah level saya dan saya telah membuktikan sekali lagi bahwa saya nyaman di level ini dan di permukaan ini. Saya sangat suka di sini di Stuttgart."


Baca juga: Iga Swiatek lewatkan Berlin Open, berharap kembali di Wimbledon
Baca juga: Murray kalahkan Tsitsipas untuk melaju ke semifinal Stuttgart
Baca juga: Murray akan bertemu Tsitsipas di perempat final Stuttgart

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022