Beijing (ANTARA) - China memiliki jumlah situs warisan alam terbanyak di dunia, menurut Administrasi Kehutanan dan Padang Rumput Nasional China.

Negara itu kini menjadi rumah bagi 14 situs warisan alam dunia dan empat situs warisan yang terkenal dengan fitur budaya dan alamnya, yang keduanya menduduki posisi teratas di dunia dalam hal kuantitas, kata administrasi tersebut.

Situs-situs warisan tersebut secara efektif melindungi sejumlah peninggalan geologis khas China, pegunungan yang indah, hutan dan danau, serta spesies hewan dan tumbuhan yang langka dan terancam punah, imbuh administrasi itu.

Area-area itu telah berkontribusi terhadap perlindungan peninggalan budaya, warisan budaya tak benda, serta sejumlah kota, wilayah, dan desa bersejarah, yang menghasilkan pendapatan pariwisata rata-rata tahunan senilai lebih dari 14 miliar yuan (1 yuan = Rp2.181) bagi warga setempat.

Hari Sabtu (11/6) diperingati sebagai Hari Warisan Budaya dan Alam China, yang jatuh pada Sabtu kedua bulan Juni setiap tahun.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022