Jakarta (ANTARA) - China keluar sebagai juara umum turnamen bulu tangkis Indonesia Masters 2022 setelah mengamankan tiga gelar lewat nomor ganda campuran, tunggal putri, dan ganda putri dalam rangkaian partai final yang berlangsung di Istora Senayan Jakarta, Minggu.

Ganda campuran Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong hadir sebagai juara dari partai pertama dengan mengalahkan wakil Prancis Thom Gicquel/Delphine Delrue dua gim langsung 21-13, 21-14.

Gelar kedua bagi tim Negeri Tirai Bambu diamankan oleh tunggal putri Chen Yu Fei, yang tampil dalam persaingan sengit kontra pebulu tangkis Thailand Ratchanok Intanon.

Dalam pertandingan berdurasi 74 menit, unggulan teratas mengalahkan unggulan kelima dengan skor akhir 21-16, 18-21, 21-15, yang sekaligus memperdalam jurang keunggulan pertemuan Chen vs Intanon menjadi 15-2.

Baca juga: China amankan gelar Indonesia Masters kedua lewat Chen Yu Fei
Baca juga: Chen/Yi Fan jegal Apriyani/Fadia raih gelar BWF perdana di Istora


Angin baik bagi China masih berhembus di partai keempat, saat ganda putri Chen Qing Chen/Jia Yi Fan menundukkan wakil tuan rumah Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dua gim langsung 21-18, 21-12.

Chen/Yi Fan juga sekaligus memupus harapan Apriyani/Fadia untuk mengoleksi gelar perdana dari ajang BWF World Tour sebagai pasangan baru.

Namun keberuntungan tim China diputus oleh ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto saat melibas pasangan Liang Wei Keng/Wang Chang dengan kemenangan dua gim langsung 21-10, 21-17.

Kemenangan ini menjadi catatan sejarah baru bagi ganda putra peringkat ketujuh, karena untuk pertama kalinya bisa menaiki podium tertinggi sebagai tuan rumah di Indonesia Masters.

Sementara nomor tunggal putra dimenangi oleh pebulu tangkis Denmark, Viktor Axelsen yang tampil solid membungkam perlawanan Chou Tien Chen asal Taiwan.

Pemilik medali emas Olimpiade Tokyo ini menang straight games 21-10 21-12 atas unggulan ketiga di pertandingan partai kedua.

Baca juga: Fajar/Rian juara Indonesia Masters 2022
Baca juga: Apriyani/Fadia fokus untuk hasil lebih baik di Indonesia Open


Berikut hasil pertandingan final BWF Super 500 Indonesia Masters 2022, Minggu:

Ganda campuran: Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China) vs Thom Gicquel/Delphine Delrue (Prancis) 21-13 21-14

Tunggal putra: Viktor Axelsen (Denmark) vs Chou Tien Chen (Taiwan) 21-10, 21-12

Tunggal putri: Chen Yu Fei (China) vs Ratchanok Intanon (Thailand) 21-16, 18-21, 21-15

Ganda putri: Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China) vs Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Indonesia) 21-18, 21-12

Ganda putra: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia) vs Liang Wei Keng/Wang Chang (China) 21-10, 21-17

Baca juga: Penonton nikmati aksi jagoan bulu tangkis via layar lebar Istora
Baca juga: PBSI masih investigasi kabar atlet keracunan makanan di hotel

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022