Dengan beroperasinya ketiga infrastruktur ketenagalistrikan ini, maka kegiatan ini sekaligus bertujuan mengoptimalkan evakuasi daya dari PLTU Baruta dan PLTMG Baubau
Makassar (ANTARA) - PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi melalui PLN Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Tenggara (UPP Sultra) melaksanakan pemberian tegangan pertama (energize) pada tiga pembangkit baru di Baubau untuk mendukung sektor pariwisata dan kelautan.

"PLN mengaliri listrik perdana pada tiga infrastruktur ketenagalistrikan untuk Gardu Induk (GI) 150 kilo Votl (kV) di Baubau," kata General Manager PLN UIP Sulawesi, Defiar Anis di Makassar, Minggu.

Dia mengatakan, kegiatan tersebut untuk mendukung industri pariwisata dan kelautan di Pulau Buton sebagai bentuk komitmen PLN dalam menyediakan pasokan listrik yang andal bagi pelanggan.

Pembangunan ketiga infrastruktur ketenagalistrikan yang tertuang dalam RUPTL 2021 - 2030 tersebut di antaranya; Gardu Induk (GI) 150kV PLTMG Baubau berkapasitas 30 MVA, Gardu Induk (GI) 150kV Baubau (New) berkapasitas 60 MVA dan
Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV GI PLTMG Baubau – GI Baubau (New) dengan jumlah tower sebanyak 32 tower sepanjang 10,96 KMS.

"Dengan beroperasinya ketiga infrastruktur ketenagalistrikan ini, maka kegiatan ini sekaligus bertujuan mengoptimalkan evakuasi daya dari PLTU Baruta dan PLTMG Baubau," kata Anis.

Termasuk meningkatkan keandalan sistem Baubau, memenuhi kebutuhan listrik, serta mendukung pertumbuhan sektor pariwisata dan kelautan di Pulau Buton.

Anis mengatakan, sebelumnya evakuasi daya dari PLTU Baruta dan PLTMG Baubau melalui sistem 20kV. Namun dikarenakan semakin bertambahnya beban sistem, maka dengan adanya saluran transmisi dan GI 150 kV ini penyaluran daya ke pusat beban dapat lebih optimal, andal dan membantu menurunkan angka BPP.

"Buton kaya akan potensi pariwisatanya yang beragam. Mulai dari wisata pantai dan pesona bawah laut, wisata air terjun, wisata budaya, kuliner hingga eco forest tourism," katanya.

Bahkan, lanjut dia, tidak hanya itu Buton juga dikenal sebagai salah satu daerah penghasil aspal alam terbesar di dunia. Ditambah lagi potensi sektor kelautan dan perikanan terus berkembang.

Banyaknya potensi di berbagai sektor yang ada di Pulau Buton harus dibarengi dengan pemenuhan kebutuhan listrik yang memadai agar bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Untuk itu, PLN UIP Sulawesi berkomitmen dalam menyediakan pasokan listrik yang andal pagi pelanggan yang ada di Pulau Buton melalui pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan.

Baca juga: Geliat PLN UIP Sulawesi capai bauran EBT tertinggi

Baca juga: Pengoperasian PLTA Poso 2 tingkatkan bauran EBT di Sulawesi

Baca juga: Progres pembangunan PLTU Barru-2 capai 90 persen
Ilustrasi suasana diskusi tentang infrastruktur kelistrikan di Baubau, Buton, Sulawesi Tenggara yang mendapat aliran listrik perdana. Antara/ HO-PLN UIP Sulawesi

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022