saat ini sudah ada rencana induk
Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, menyusun konsep Kota Cerdas 2022 setelah menjadi pilihan  Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama dengan 49 kota lainnya..

Wakil Bupati OKI HM Djafar Shodiq di Kayuagung, Minggu, mengatakan, saat ini sudah ada rencana induk (masterplan) dan program percepatan (quick win programme) yang akan diterapkan dalam mewujudkan kota cerdas (smart city).

“Pembuatan konsep ini didampingi Kementerian Komunikasi dan Informatika,” kata dia.

Kabupaten OKI terpilih setelah melewati tahapan asessment (penilaian) yang diikuti 200 kabupaten/kota menjadi 50 kabupaten/kota oleh tim Kemenkominfo beberapa waktu lalu.

Dalam penyusunan rencana induk (masterplan) tersebut akan dikedepankan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam ekosistem kota cerdas, serta meningkatkan inovasi dalam berbagai program pemerintah daerah.

Kota Cerdas bukan hanya sekadar bentuk perubahan sistem pemerintahan dalam transformasi digital melainkan untuk menciptakan daerah dengan pelayanan yang berkelanjutan.

Dalam kaitan menjadi Kota Cerdas ini, Pemkab OKI akan mengusung tema smart economy karena sebelumnya menjalankan Program UMKM Go Digital.

Sejauh ini, Pemkab OKI sudah memiliki platform marketplace PAISLAIS yang dibuat oleh Dinas Koperasi dan UMKM.

Kemudian, pemkab juga mengusung tema smart living yakni pemberian layanan adminstrasi kependudukan digital oleh Disdukcapil, serta perubahan mendasar dalam pemberian layanan kesehatan ibu dan Anak (KIA) oleh Dinas Kesehatan.

Sementara dalam mewujudkan smart government, sejauh ini Kabupaten OKI sudah merealisasikan sejumlah layanan publik digital antara lain, perencanaan wilayah berbasis GIS, sistem informasi kepegawaian, layanan perpajakan daerah, pengelolaan sistem keuangan daerah, layanan perizinan serta tata kelola komunikasi publik di Diskominfo OKI.

“Melalui pendampingan, kami optimistis bahwa nantinya OKI benar-benar menjadi Kota Cerdas,” kata dia.

Ditjen Aplikasi Informasi Kementerian Kominfo Hafni Septiana Nur Endah mengatakan Kemenkominfo mendorong kolaborasi bersama seluruh daerah untuk mewujudkan Kota Cerdas serta memperluas titik pertumbuhan digital di seluruh Indonesia.

“Dengan adanya partisipasi aktif dan keinginan yang kuat dari pemerintah daerah, kita berharap titik-titik pertumbuhan digital bisa bermunculan di seluruh penjuru Tanah Air,” kata dia.

Menurutnya, pendampingan penyusunan masterplan kota cerdas di Kabupaten OKI ini merupakan bagian dari Gerakan Menuju Smart City yang diinisiasi Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo.
Baca juga: Kabupaten OKI gandeng MBizmarket terapkan transaksi digital
Baca juga: Pemerintah Kabupaten OKI siap terapkan tilang elektronik
Baca juga: Pemkab OKI susun dokumen perlindungan gambut satu juta hektare

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022