Bandung (ANTARA) -
Persib Bandung gagal meraih kemenangan di kandang sendiri setelah bermain imbang 1-1 melawan Bali United pada pertandingan Piala Presiden 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu malam.

Persib langsung dikejutkan oleh Bali United pada menit kedua. Gelandang Bali United Novri Setiawan mencetak gol setelah memanfaatkan kelengahan lini belakang Persib.

Saat itu, belasan ribu hadirin yang ada di Stadion GBLA sontak hening melihat selebrasi gol yang dilakukan para pemain Bali United.

Guna mengejar ketertinggalan, pada menit ke-5, Persib mulai membangun serangan dengan beberapa sentuhan bola guna menyerang pertahanan Bali.

Baca juga: Laga Persib vs Bali United diawali mengheningkan cipta untuk Eril

Laga kemudian mulai panas dengan adanya beberapa kali perebutan bola yang cukup kasar. Buntutnya pada menit ke-18, Gelandang Persib Dedi Kusnandar dan Gelandang Bali United Eber Bessa dikenai kartu kuning oleh wasit.

Tak lama berselang, Eber Bessa kembali mendapat kartu kuning kedua hingga wasit mengeluarkan kartu merah. Hukuman tersebut berawal dari adanya handball di area penalti Persib hingga adanya situasi yang memanas.

Hingga pertengahan babak pertama, Persib Bandung tampak belum bisa menciptakan peluang-peluang berbahaya meski Bali telah kehilangan seorang pilarnya.

Meski begitu, Persib memang lebih dominan menyerang dibandingkan Bali usai adanya kartu merah itu. Peluang berbahaya pun baru tercipta di menit ke-38 setelah adanya bola muntah dari tendangan sudut.

Saat itu, Gelandang Persib Beckham Putra menyambut bola dan dilanjutkan dengan umpan lambung ke kotak penalti. Namun umpan lambung itu tak bisa dimanfaatkannya maksimal oleh Bek Persib Nick Kuipers karena sundulannya melenceng tipis dari tiang kanan gawang Bali United.

Baca juga: Bermain di hadapan Bobotoh jadi motivasi Persib kalahkan Bali United

Setelah itu, serangan demi serangan Persib Bandung terus terbentuk. Salah satunya yakni serangan lewat kaki Bek Sayap Persib Henhen Herdiana.

Serangan melalui sisi kanan itu diakhiri dengan tembakan keras dari kaki Henhen ke arah gawang Bali United. Namun tembakan itu gagal berbuah gol setelah penyelamatan gemilang dilakukan oleh Kiper Bali United Muhammad Ridho.

Peluang emas Persib kembali tercipta di menit ke-45, lewat sayap kiri lapangan. Kerjasama antara Frets Butuan dan Beckham Putra pun nyaris membuat Persib menyamakan kedudukan.

Namun tembakan melengkung dari kaki Beckham Putra gagal menjebol gawang Bali. Lagi-lagi, Muhammad Ridho menjadi pahlawan Bali atas penyelamatannya yang berhasil menepis bola.

Wasit memberikan tambahan waktu selama 8 menit setelah laga berjalan 45 menit. Namun tambahan waktu itu tak bisa mengubah kedudukan.

Memulai babak kedua, Bali United melakukan pergantian pemain, yakni Gelandang Bali Fadil, digantikan oleh Rizky Pellu. Sedangkan Persib mengganti Dedi Kusnandar oleh Febri Haryadi.

Baca juga: Persib tak mau kecewakan Bobotoh di laga kontra Bali United

Pada awal babak kedua, Persib Bandung tampil dengan terus menggempur pertahanan Bali United. Jalannya serangan, tampak didominasi oleh kerja sama Ezra Walian dan Beckham Putra.

Namun baik dari sisi kanan maupun sisi kiri lapangan, Persib belum mampu untuk menembus pertahanan Pacheco dan kawan-kawannya di lini belakang Bali.

Pada menit ke-61, Penyerang Persib Bandung David Da Silva mendapat peluang yang cukup matang dari hasil umpan terobosan. Namun kontrol bola oleh Da Silva kurang baik, sehingga bola lebih mudah diantisipasi Muhammad Ridho.

Tak lama setelah itu, Bali United kembali melakukan pergantian pemain. Ilja Spasojevic yang berposisi sebagai penyerang, digantikan Hariono yang merupakan pemain gelandang bertahan.

Pada menit ke-70, Bali United mendapat peluang dari serangan balik. Yabes Roni, berlari sendirian melewati sejumlah pemain Persib hingga berhadapan dengan Kiper Persib I Made Wirawan. Namun penyelesaiannya masih jauh dari gawang Persib Bandung.

Selang beberapa menit, Persib kembali menggempur pertahanan Bali United. Namun dua tembakan yang dilesakkan yakni dari Ciro Alves dan Febri Haryadi, belum mampu berbuah gol.

Baca juga: Menyudahi penantian tiga tahun lebih GBLA tak biru

Pada menit ke-79 Persib Bandung berhasil menyamakan kedudukan dengan terciptanya gol dari tendangan bebas yang dilakukan Da Silva. Tendangan Da Silva membentur pagar betis hingga tak terbendung oleh Muhammad Ridho.

Setelah skor imbang 1-1, laga sempat terhenti karena adanya sejumlah suporter yang menyalakan suar. Asap dari suar tersebut berasal dari tribun sebelah utara.

Hingga wasit meniup peluit panjang, skor masih tetap imbang. Kedua tim akhirnya hanya mampu meraih satu poin pada laga perdana Grup C Piala Presiden 2022.
 
Berikut susunan pemain Persib dan Bali United:
 
Persib: I Made Wirawan, Henhen Herdiana, Achmad Jufriyanto, Nick Kuipers, Zalnando, Beckham Putra, Dedi Kusnandar, Ezra Walian, Frets Butuan, David Da Silva, Ciro Alves
 
Bali United: M. Ridho, I Made Andhika Wijaya, Leonardo Tupamahu, Ricky Fajrin, Willian Pacheco, Brwa Nouri, Eber Bessa, Fadil Sausu, Novri Setiawan, Ilija Spasojevic, Yabes Roni.

Baca juga: Persik awali Piala Presiden tundukkan Persikabo 1-0
Baca juga: Gol tunggal Jan Pluim bawa PSM Makassar kalahkan Arema FC

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022