Saya berharap saya bisa mengatakan yang lebih baik. Ini tentu menjadi lebih rumit.
Jenewa (ANTARA) - Ketua Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Ngozi Okonjo-Iweala menyatakan optimisme hati-hati pada Minggu (12/6/2022) bahwa lebih dari 100 pertemuan menteri perdagangan di Jenewa akan mencapai satu atau dua kesepakatan global minggu ini, tetapi memperingatkan jalan ke sana akan sangat sulit.

Direktur Jenderal dari Nigeria itu mengatakan dunia telah berubah sejak konferensi tingkat menteri terakhir WTO hampir lima tahun lalu.

"Saya berharap saya bisa mengatakan yang lebih baik. Ini tentu menjadi lebih rumit," katanya pada konferensi pers sebelum pertemuan 12-15 Juni, yang menyebutkan pandemi COVID-19, perang di Ukraina, serta krisis pangan dan energi besar sebagai bagian dari "polikrisis".

Baca juga: Mendag: Perdagangan komoditas dunia perlu ditata ulang

Sebagai tanda perpecahan di antara 164 anggota WTO, sekitar 30-40 negara keluar ketika Menteri Pembangunan Ekonomi Rusia Maxim Reshetnikov bersiap menuju podium.

Sebelumnya, para menteri perdagangan dari Uni Eropa dan 29 anggota WTO lainnya bertemu dengan Ukraina untuk menyatakan solidaritas dan dukungan mereka serta ingin meringankan masalah pasokan pangan.

Berbicara kepada para menteri pada pembukaan, kepala WTO mendesak mereka untuk "menunjukkan kepada dunia bahwa WTO dapat melangkah maju" dan mencapai kesepakatan tentang hal-hal seperti mengurangi subsidi perikanan, meningkatkan akses ke vaksin COVID-19, menangani keamanan pangan dan menetapkan arah untuk reformasi WTO itu sendiri.

"Apa yang masih harus diputuskan membutuhkan kemauan politik - dan saya tahu Anda memilikinya - untuk membawa kita melewati garis finis," katanya.

Namun, dia memperingatkan bahwa itu akan menantang.

"Biar saya perjelas, bahkan mendarat satu atau dua bukanlah jalan yang mudah. ​​Jalannya akan bergelombang dan berbatu. Mungkin ada ranjau darat di sepanjang jalan," kata Okonjo-Iweala, seraya menambahkan bahwa dia "sangat optimis" bahwa pertemuan akan diakhiri dengan satu atau dua kesepakatan.

Baca juga: Presidensi G20 perlu bahas dampak dominasi AS-RRC ke negara berkembang

Dia juga memperingatkan para menteri untuk menyadari bahwa kompromi tidak pernah sempurna. Ke-164 anggota WTO mengambil keputusan dengan konsensus, yang berarti satu anggota dapat menghalangi kemajuan, dan negosiasi seringkali berlangsung bertahun-tahun.

WTO yang berusia 27 tahun itu sendiri dalam masalah. Mantan Presiden AS Donald Trump melumpuhkan Badan Banding WTO yang mengatur perselisihan lebih dari dua tahun lalu, dan anggota WTO hanya pernah menyetujui satu kesepakatan global, Perjanjian Fasilitasi Perdagangan yang memotong birokrasi pada 2013.

Sebagai tanda kesulitan global, pertemuan sesi pembukaan pada Minggu (12/6/2022) didedikasikan untuk "tantangan yang dihadapi sistem perdagangan multilateral".

Kelompok-kelompok kampanye berkumpul di dekat markas besar badan tersebut di tepi danau selama akhir pekan, beberapa mengecam kapitalisme dan yang lainnya menyerukan diakhirinya "vaksin apartheid". Mereka semua dilarang memasuki markas besar WTO pada Minggu (12/6/2022) dengan alasan keamanan, menurut sebuah surel yang dilihat oleh Reuters.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022