Jadi ke depannya, mungkin lebih ketat karena dalam DBON target utama kita adalah Olimpiade
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali untuk konsisten menerapkan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) setelah keberhasilan Indonesia meningkatkan perolehan medali para atlet dalam SEA Games ke-31 di Vietnam.

Hal tersebut disampaikan Menpora usai Presiden Jokowi menerima Tim Indonesia pada SEA Games ke-31 Vietnam di Istana Merdeka, Jakarta, Senin.

“Mendapatkan arahan dari beliau untuk diteruskan kita konsisten menerapkan DBON karena terbukti. Jadi Bapak Presiden merasa senang dan berterima kasih kepada semua stakeholders (pemangku kepentingan), ke Kemenpora, ke KOI, KONI, pimpinan cabang olahraga, perguruan tinggi, dan semua yang mendukung DBON,” kata Zainudin.

Baca juga: Pebasket Michael Xzavierro dipapah Paspampres saat bertemu Jokowi

Implementasi dari DBON tersebut adalah perubahan paradigma dari sebelumnya yang berorientasi kuantitas menjadi kualitas mengenai pengiriman atlet ke ajang olahraga multi-cabang.

"Jadi ke depannya, mungkin lebih ketat karena dalam DBON target utama kita adalah Olimpiade. SEA Games dan Asian Games adalah sasaran antara," ujarnya.

Ke depannya, ujarnya, Indonesia hanya akan mengirim atlet yang yang diprediksikan benar-benar mampu menyumbang medali bagi negara, serta atlet yang dipersiapkan mengikuti jenjang olahraga multi-cabang selanjutnya dengan tingkatan yang lebih tinggi.

“Hanya atlet yang berpotensi raih medali yang kita kirim, kita tidak mau hanya sekedar kirim saja, sayang uang negara,” ujarnya.

Hal tersebut, kata Zainudin, juga sejalan dengan arahan Presiden Jokowi untuk melakukan kajian total terhadap ekosistem pembinaan prestasi olahraga nasional.

Baca juga: Presiden terima Tim Sea Games Vietnam 2021 di Istana

“Kita mulai menerapkan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sebagaimana panduan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021, sekaligus ini menjadi jawaban dari arahan Bapak Presiden kepada kami dan seluruh pemangku kepentingan di sektor olahraga, untuk lakukan review total terhadap ekosistem pembinaan prestasi olahraga nasional,” ujarnya.

Keberhasilan dalam SEA Games ke-31 Vietnam, kata Menpora, telah menorehkan catatan penting yang akan menjadi dasar penentuan parameter kontingen dalam keikutsertaan Indonesia di ajang olahraga multi-cabang seperti SEA Games, Asian Games ataupun Olimpiade.

Adapun dalam SEA Games ke-31 Vietnam, Indonesia mengirimkan 499 atlet, atau turun hingga 40,6 persen dibanding SEA Games ke-30 Filipina pada 2019 yang sebanyak 841 atlet. Namun di Vietnam, tingkat perolehan medali dari atlet meningkat hingga 80,96 persen dibandingkan pada SEA Games ke-30 yang hanya 60,4 persen.

Total, dari 499 atlet yang bertanding di Vietnam, sebanyak 408 atlet berhasil menyumbang medali. Indonesia pun meningkatkan pencapaian menjadi peringkat tiga dari sebelumnya peringkat empat.

Baca juga: Nominal bonus peraih medali SEA Games tak berubah
Baca juga: Sukses SEA Games dinilai Tim Review bukti Menpora kawal DBON


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022