Prinsip dasarnya memang keanggotaannya berdasarkan undangan, bukan promosi atau upgrade tertentu
Jakarta (ANTARA) -
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menegaskan keanggotaan BCA Solitaire dan Prioritas hanya bisa didapatkan melalui undangan dari pihak BCA secara langsung melalui surat resmi kepada nasabah terpilih dengan syarat dan ketentuan tertentu.
 
Dengan demikian, jika ada pihak lain yang menawarkan jasa upgrade menjadi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Whatsapp, sudah dipastikan modus tersebut merupakan penipuan.
 
"Prinsip dasarnya memang keanggotaannya berdasarkan undangan, bukan promosi atau upgrade tertentu," kata EVP Individual Customer Business Development BCA Adrianus Wagimin dalam BCA Talk bertajuk "Waspada Modus Penipuan Siber Nasabah BCA" di Jakarta, Senin.
 
Belakangan ini, marak penipuan melalui telepon atau WhatsApp yang mengatasnamakan BCA dan iklan akun BCA palsu di media sosial, khususnya di Instagram yang menawarkan program upgrade menjadi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas.
 
Ia mengungkapkan ketertarikan nasabah yang tinggi terhadap tawaran tersebut lantaran promosi yang cukup menggiurkan berupa rendahnya ketentuan minimal tabungan yang harus dimiliki nasabah BCA reguler untuk meningkatkan tabungan menjadi Prioritas maupun Solitaire, salah satunya hanya Rp10 juta.
 
Adapun persyaratan untuk menjadi anggota BCA Prioritas maupun Solitaire tak hanya dilihat dari minimal dana di dalam tabungan atau deposito nasabah reguler, tetapi terdapat kriteria lainnya yang dipertimbangkan BCA bersama kantor cabang secara internal.

Baca juga: Hoaks! Akun-akun BCA layanan prioritas
 
Lantaran terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan, Adrianus menegaskan pihaknya belum akan mengadakan pembukaan keanggotaan BCA melalui promosi seperti yang sedang marak dilakukan penipu saat ini.
 
"Saat ini ruang pelayanan untuk keanggotaan BCA Prioritas dan Solitaire hanya 180, kalau kami tampung dari semua nasabah itu akan susah. Jadi tidak kami obral," ucap dia.
 
Maka dari itu, ia menjelaskan saat ini BCA hanya akan berfokus pada peningkatan kualitas layanan Prioritas dan Solitaire, bukan kuantitasnya.
 
Terkait maraknya penipuan promosi yang ada, BCA pun kian giat mengedukasi nasabah Prioritas dan Solitaire untuk bisa berbagi pengalaman kepada nasabah lainnya agar tak tertipu, serta bekerja sama dengan seluruh kantor cabang.
 
Jika nasabah menemukan modus penipuan berupa upgrade ke BCA Prioritas dan Solitaire maupun penipuan lainnya, nasabah bisa melapor ke nomor telepon Halo BCA yakni 1500888 tanpa awalan 021, +62, dan sebagainya, sementara nomor resmi WhatsApp BCA adalah 08111500998 dengan centang hijau.

Selain itu, akun resmi Instagram BCA hanya @GoodlifeBCA dan terdapat akun media sosial lainnya yang dapat dicek di https://www.bca.co.id/en/tentang-bca/media-riset/Social-Media
 
Sedangkan laman resmi BCA adalah www.bca.co.id serta laman resmi BCA Solitaire dan Prioritas adalah https://prioritas.bca.co.id/ serta aplikasi BYC Apps. Jika ada selain ini, sudah dapat dipastikan itu palsu.

Baca juga: BCA deteksi lima kasus tren kriminal perbankan
 
 
 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022