Jakarta (ANTARA) - Berikut ini adalah ringkasan berita tentang COVID-19 dari seluruh dunia.

* Korea Utara pada Minggu melaporkan 40.060 kasus baru bergejala demam dan satu kematian, kata media pemerintah KCNA.

* China melaporkan 220 kasus baru COVID-19 pada 12 Juni, 89 di antaranya bergejala, kata Komisi Kesehatan Nasional, Senin.

* Pemimpin partai oposisi utama India, Sonia Gandhi, dirawat di rumah sakit di New Delhi karena gangguan kesehatan terkait COVID-19.

* Beijing akan menangguhkan semua kegiatan olahraga mulai 13 Juni karena risiko penularan yang tinggi akibat lonjakan kasus COVID-19 dari klaster bar di kota itu.

* Taiwan mengatakan pada Sabtu pihaknya akan memangkas durasi karantina wajib dari tujuh menjadi tiga hari, sebagai bagian dari upaya untuk hidup berdampingan dengan COVID dan melanjutkan kehidupan normal.

* Sejak awal pandemi, Rusia telah mencatat 812.127 kematian terkait COVID, menurut penghitungan Reuters berdasarkan data dari biro statistik Rosstat.

* Badan Pengawasan Obat dan Makanan AS pada Minggu mengatakan vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech efektif dan aman untuk digunakan pada anak usia enam bulan hingga empat tahun.

* Amerika Serikat pada Jumat mencabut aturan yang mewajibkan pelaku perjalanan udara memiliki hasil negatif tes COVID-19.

* Kanada menangguhkan tes COVID-19 secara acak di semua bandara hingga akhir Juni untuk mengurangi waktu tunggu penumpang.

* Produsen vaksin COVID-19 BioNTech mengatakan pembangunan pabrik vaksin berbasis mRNA untuk kebutuhan Afrika akan dimulai 23 Juni di Rwanda.

* Data menunjukkan bahwa vaksin COVID-19 berbasis mRNA tidak menyebabkan menstruasi berhenti, regulator kesehatan Uni Eropa menyimpulkan pada Jumat.

* Fasilitas berbagi vaksin COVAX yang didukung WHO dan aliansi global GAVI telah mengirimkan 1,53 miliar dosis vaksin COVID-19 ke 146 negara.

Sumber: Reuters

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022