Mamuju (ANTARA) - KRI Makassar 590 sandar di Dermaga Lanal Mamuju Provinsi Sulawesi Barat, membawa bantuan untuk disalurkan kepada warga korban gempa bumi berkekuatan 5,8 magnitudo di daerah itu.

Kedatangan KRI Makassar 590 di Dermaga Lanal Mamuju tersebut disambut langsung Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik. 

"Atas nama masyarakat Sulbar, kami mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar TNI AL," kata Akmal Malik di Makassar, Senin.

Bantuan tersebut merupakan tindak lanjut dari koordinasi Lanal Mamuju yang diperuntukkan bagi korban bencana gempa bumi 5,8 magnitudo di Kabupaten Mamuju pada 8 Juni 2022.

Penjabat Gubernur menyampaikan, bantuan dari Kasal selanjutnya akan diserahkan ke Satgas Tanggap Darurat Bencana kemudian segera disalurkan kepada masyarakat.

"Bantuan ini akan disalurkan melalui Satgas Tanggap Darurat Bencana kepada masyarakat, baik yang masih di pengungsian maupun yang sudah kembali ke rumah," ujar Akmal Malik.

Ia kembali mengingatkan bahwa wilayah Sulbar merupakan wilayah rawan bencana sehingga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada.

Sementara, Asisten Operasi (Asops) Danlantamal VI Makassar Kolonel Laut (P) Ahmad Muharam mengatakan, bantuan Kasal tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat terdampak bencana gempa bumi di Mamuju.

"Untuk pendistribusian ke masyarakat kami serahkan ke Satgas Tanggap Darurat Bencana," kata Ahmad Muharram.

Ia menyampaikan, pihaknya akan terus memantau situasi korban pascagempa bumi 5,8 magnitudo di Mamuju dan akan kembali mendistribusikan bantuan jika masih diperlukan.

Pewarta: Amirullah
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022