Jakarta (ANTARA) - Film Disney Pixar "Lightyear" dilarang tayang di Arab Saudi karena memperlihatkan adegan ciuman sesama jenis.

Selain "Doctor Strange in the Multiverse of Madness", "West Side Story" dan "Eternals", film Disney lainnya yang kini juga dilarang tayang di Arab Saudi adalah "Lightyear", demikian Hollywood Reporter dikutip Senin.

Tak hanya Arab Saudi, "Lightyear" adalah film terbaru dari Pixar yang akan dilarang di seluruh negara Timur Tengah termasuk Kuwait.  Teluk.

Keputusan tersebut terkait dengan dimasukkannya adegan ciuman sesama jenis dalam spin-off prekuel Toy Story Pixar itu. Adegan yang melibatkan karakter wanita Hawthorne (disuarakan oleh Uzo Aduba) dan pasangannya, awalnya adegan dipotong dari film.

Akan tetapi adegan itu dipulihkan setelah keributan seputar pernyataan dari karyawan Pixar yang mengklaim bahwa Disney telah menyensor "kasih sayang gay yang terang-terangan" dan CEO Disney Bob Chapek yang menangani permintaan "Don't Say Gay" Florida.

"Lightyear" kini menjadi film terbaru yang masuk ke dalam daftar film Disney yang telah dilarang di negara-negara Teluk karena adegan yang melibatkan referensi atau masalah LGBTQ, yang sering kali melanggar sensor untuk rilis teater karena homoseksualitas secara resmi ilegal di seluruh wilayah.


Baca juga: "Lightyear" bawa elemen asli penjelajahan luar angkasa

Baca juga: Sutradara ungkap inspirasi cerita dan visual untuk film "Lightyear"

Baca juga: Disney dan Pixar rilis cuplikan terbaru film "Lightyear"

Penerjemah: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022