Prioritas kami sekarang bagaimana pemanfaatan asrama, namun untuk memanfaatkan perlu adanya revitalisasi
Parik Malintang, Sumbar (ANTARA) -
Kementerian Agama mengupayakan mengoperasikan Asrama Haji Padang Pariaman, Sumatera Barat, sebagai sarana transit keberangkatan jamaah haji pada 2023.
 
"Hari ini kami bersama anggota DPR RI John Kenedy Azis mengunjungi Asrama Haji Padang Pariaman, kalau dilihat memang harus ada sentuhan-sentuhan agar tahun 2023 dapat digunakan minimal untuk transit jamaah haji," kata Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama Saiful Mujab saat meninjau Asrama Haji Padang Pariaman, Batang Anai, Senin.
 
Ia mengatakan dana yang telah dikucurkan pemerintah untuk pembangunan asrama tersebut besar namun belum termanfaatkan dengan baik.

Baca juga: Kemenag tepis isu Aceh akan kelola haji sendiri
 
Oleh karena itu, lanjutnya pihaknya akan menghitung anggaran untuk membangun sarana yang dapat mendukung kegiatan di asrama tersebut sehingga nantinya bangunan itu dapat difungsikan untuk jamaah haji.
 
Asrama tersebut rencananya digunakan untuk dua kloter jamaah haji namun dengan bangunan yang ada saat ini baru bisa menampung satu kloter jamaah sedangkan sisanya akan menggunakan Asrama Haji Padang.
 
Nantinya, lanjut dia, pihaknya akan mengusulkan kembali kelanjutan pembangunan Asrama Haji Padang Pariaman kepada Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas) sehingga sarana itu dapat melayani jamaah haji sesuai dengan standar dengan rencana awal.

Baca juga: Kemenag: Jamaah calon haji harus selalu pakai gelang identitas
 
Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sumbar Helmi mengatakan Asrama Haji Padang Pariaman masih banyak memerlukan pembenahan sehingga pada keberangkatan haji 2022 pihaknya belum menggunakan bangunan itu tapi masih menggunakan Asrama Haji Padang.
 
"Prioritas kami sekarang bagaimana pemanfaatan asrama, namun untuk memanfaatkan perlu adanya revitalisasi," katanya.
 
Ia menyebutkan ada empat hal yang perlu dilakukan agar asrama tersebut dapat dimanfaatkan yaitu membangun akses penghubung antar empat gedung yang telah dibangun, memenuhi halaman, merapikan bangunan, dan melengkapi mebel.

Baca juga: Kemenag Lebak kumpulkan koper jamaah calon haji
 
Sementara itu, John Kenedy Azis mengatakan Bappenas tidak menganggarkan dana untuk kelanjutan pembangunan Asrama Haji Padang Pariaman pada 2023 karena menilai sarana itu belum dimanfaatkan.
 
"Karena itu kami datang melihat apa sebenarnya yang terjadi sehingga Asrama Haji Padang Pariaman belum dimanfaatkan," ujarnya.
 
Ia menyampaikan jika Asrama Haji Padang Pariaman berfungsi maka pihaknya akan menagih janji Bappenas untuk kelanjutan pembangunan asrama tersebut.
 
Ia menyebutkan rencana awal anggaran untuk membangun asrama tersebut sekitar Rp365 miliar sedangkan dana yang sudah dikucurkan baru Rp165 miliar. Adapun yang sudah dibangun di Asrama Haji Padang Pariaman saat ini yaitu gedung kantor, masjid, aula, dan kamar.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022