Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Riau Mahyudin mengingatkan 450 Jamaah Calon haji (JCH) Riau kelompok terbang (kloter) gelombang kedua menuju Jeddah agar mengenakan kain ihram di Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau sebelum berangkat menuju Embarkasi Haji Batam.

"Panitia haji kabupaten/kota perlu mengingatkan masing-masing jamaah agar kain ihram tidak disimpan pada koper besar yang akan dimasukkan ke bagasi, sebab akan menyulitkan jamaah," kata Mahyudin selaku Wakil Ketua I Panitia EHA Riau di sela rapat teknis persiapan pemberangkatan JCH Riau di ruang rapat Kenanga kantor Gubernur Riau di Pekanbaru, Senin.

Baca juga: Pemprov Riau alokasikan dana Rp300 juta untuk konsumsi panitia haji

Baca juga: Kemenag Riau minta calon jamaah haji siap hadapi cuaca panas di Arab


Dia mengatakan kain ihram jamaah jangan disimpan dalam tas yang akan dimasukkan bagasi, cukup dimasukan dalam tas tentengan jamaah saja, supaya mudah jika nanti memakai kain ihram.

Ia mengatakan sebanyak 450 JCH kloter gelombang kedua menuju jeddah berangkat pada 19 Juni 2022 itu berasal dari Kampar sebanyak 343 orang, dari Inhil 101 orang, PHD 2, TPHI/TPIH, TKHI 4 orang dengan nomor penerbangan SV 5061

Para JCH Riau mulai memasuki asrama EHA pada 17 Juni mendatang. Sementara itu, 55 JCH kloter pertama diberangkatkan ke Tanah Suci pada 18 Juni.

Baca juga: 2.290 calon haji Riau siap berangkat pada musim haji 2022

"Insya Allah jamaah haji pertama akan masuk EHA pada 17 Juni 2022," ujar Mahyudin.

Pemberangkatan JCH Riau terbagi dalam 7 kloter, dengan rincian 5 kloter penuh dan 2 kloter gabungan. Satu kloter gabungan berangkat pada gelombang I menuju Madinah, sedangkan 5 kloter penuh dan satu kloter gabungan akan berangkat pada gelombang II menuju Jeddah.

Pewarta: Frislidia
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022