Transformasi digital ini dapat memberikan layanan secara lebih efektif dan efisien
Jakarta (ANTARA) - Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Dr Bambang Wibowo SpOG(K) MARS mengatakan transformasi digital pada bidang kesehatan dapat memberikan layanan yang efektif dan efisien.

“Perkembangan teknologi digital memiliki potensi yang sangat besar. Pada sektor kesehatan, perkembangan berbagai aplikasi digital health telah membantu perusahaan penyedia jasa seperti rumah sakit dan klinik. Transformasi digital ini dapat memberikan layanan secara lebih efektif dan efisien,” ujar Bambang dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Pandemi COVID-19, tambah dia, telah menjadi akselerator dalam perubahan cepat tren global menuju era teknologi modern yang berpengaruh pada transformasi gaya hidup, pola kerja, strategi bisnis, termasuk bidang kesehatan. Transisi teknologi digital pada bidang kesehatan harus terus berjalan meskipun masih banyak tantangan yang harus dihadapi di masa mendatang.

PERSI bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) serta berkolaborasi dengan Busdev, menginisiasi kegiatan penyelenggaraan Indonesia Digital Health Expo (IDHE) 2022 yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus hingga 26 Agustus 2022 di Jakarta Convention Center,

IDHE 2022 adalah acara forum kesehatan yang akan selalu menjadi forum dan momen besar dalam mempertemukan lembaga pemerintah, pembuat kebijakan, pemangku kepentingan, investor, perusahaan jasa, akademisi, dan pakar industri kesehatan untuk bertemu bersama dan berdiskusi mengenai perkembangan terbaru di industri teknologi kesehatan.

Sementara itu, Ketua Pelaksana IDHE 2022, Seno Adhi Damono mengatakan On Us Asia sebagai inisiator dan penyelenggara IDHE menyadari akan pentingnya ekosistem digital pada sektor kesehatan. Diharapkan dengan diselenggarakanya IDHE menjadi solusi dalam menjawab tantangan dan trend di era transformasi digital saat ini.

Perwakilan Busdev selaku kolaborator On Us Asia, Gio Wibowo, menambahkan tema “Digital Experience for Smart Hospital” memiliki relevansi dengan isu global dan kebijakan pemerintah saat ini.

Forum IDHE 2022 sangat penting, karena dalam salah satu program, yaitu konferensi akan membahas dan saling berbagi pengalaman dalam hal-hal yang berkaitan dengan tren dan tantangan ke depan bagi sektor kesehatan khususnya rumah sakit dan klinik, serta inovasi teknologi dalam transformasi digital. Acara tersebut juga akan disertai dengan workshop dan exhibition.

Baca juga: Kemenkes berencana integrasikan data kesehatan pengguna jam pintar

Baca juga: Menkominfo: Ruang digital harus bermanfaat

Baca juga: Indonesia percepat transformasi digital di empat sektor


Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022