Jakarta (ANTARA) - BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) mengusung tema Go Green kembali melaksanakan kegiatan Employee Volunteering dengan membagikan paket cinta lingkungan berupa goodie bag ramah lingkungan kepada anggota masyarakat di Jakarta, Senin.

Employee Volunteering adalah kegiatan yang memaksimalkan potensi karyawan agar berpartisipasi secara sukarela menggunakan dana mandiri untuk peduli pada lingkungan sekitar.

BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Jakarta Gambir mengusung tema Go Green berkaitan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Juni dengan membagikan 40 goodie bag ramah lingkungan yang berisikan sedotan stainless, mug stainless, dan alat makan portable.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Cikarang salurkan paket sembako kepada serikat pekerja

Pemberian paket cinta lingkungan ini dimaksudkan untuk membangun budaya masyarakat untuk mengurangi sampah plastik seperti sedotan plastik, gelas plastik, dan lain-lain sehingga diharapkan dapat melindungi bumi dengan membangun budaya go green.

Chairul Arianto selaku Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Jakarta Gambir menyatakan kegiatan employee volunteering itu yang kedua kalinya di tahun ini. "Sebelumnya kita telah melakukan kegiatan dengan tema sosial, dan saat ini bertema Go Green dengan membagikan paket cinta lingkungan kepada masyarakat," katanya.

​​​​​​​Chairul berharap kegiatan itu dapat menggugah masyarakat pekerja untuk sadar akan pentingnya menjaga lingkungan, seperti meminimalkan penggunaan piranti plastik dalam kegiatan sehari, seperti sedotan, tas kresek, dan sebagainya.

"Kesadaran menjaga lingkungan harus dimulai dari diri kita sendiri” ujar Chairul.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Denpasar berbagi sembako untuk anak-anak panti asuhan

Arif, salah seorang yang menerima paket cinta lingkungan menyampaikan terima kasih kepada BPJAMSOSTEK Jakarta Gambir.

"Kegiatan employee volunteering ini menarik karena menyadarkan saya dan masyarakat sekitar akan pentingnya menjaga lingkungan dengan selalu menggunakan alat makan yang bisa dipakai berulang-ulang," ujarnya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, diharapkan seluruh unsur dapat ikut serta dalam menjaga lingkungan.

Di sisi lain, BPJAMSOSTEK Jakarta Gambir juga menyampaikan informasi bahwa pekerja yang jadi peserta program dapat mengajukan klaim JHT secara daring melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) atau dapat dilakukan juga dengan mengakses website www.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Baca juga: 200 paket iftar dibagikan BPJAMSOSTEK Cikarang pada masyarakat

​​​​​​​Peserta juga dapat menerima layanan informasi melalui Call Center 175 terkait program dan manfaat BPJAMSOSTEK.

Pewarta: Erafzon Saptiyulda AS
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022