Nanti sambil jalan kerja samanya, yang jelas banyak desainer yang berkenan untuk ekspor batik dari kita
Solo (ANTARA) - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengenalkan batik Solo ke merek ternama asal Prancis, Louis Vuitton.

"Yang jelas mereka juga punya jaringan mal," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Senin.

Gibran yang baru saja menyelesaikan perjalanan dinas di Prancis selama satu minggu mengatakan sudah bertemu dengan petinggi Louis Vuitton dan mengenalkan produk batik.

Pada kesempatan itu, ia bertemu dan berdiskusi langsung dengan Secretaire General LVMH Marc Antoine Jamet. Marc Antoine Jamet adalah sekretaris jenderal perusahaan multinasional yang menaungi merek produk premium seperti Louis Vuitton, Dior, Fendi, dan Bvlgari.

"Nanti sambil jalan kerja samanya, yang jelas banyak desainer yang berkenan untuk ekspor batik dari kita," kata Gibran.

Ia mengatakan pada perjalanan dinasnya yakni menyelenggarakan pameran UMKM yang bekerja sama dengan KBRI di Prancis dan perusahaan Shopee ini bukan hanya membawa produk asli Solo, tetapi juga beberapa produk unggulan dari sejumlah daerah di Indonesia, termasuk produk dari Bandung, Yogyakarta, dan Bali.

"Selain batik ada handycraft, rotan, kerajinan kulit, dan pernak-pernik lainnya. Sebagian produknya sudah pernah dilihat Pak Sandi (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno) saat berkunjung ke Solo beberapa waktu lalu," kata Gibran.

Sejauh ini, lanjut dia, respons warga Paris baik WNI maupun masyarakat setempat dan turis dari berbagai negara yang kebetulan sedang berwisata di Paris, sangat baik terhadap ajang promosi produk Indonesia itu. "Bagus, ramai, banyak yang bisa diadopsi untuk Kota Solo," kata Gibran.
 
 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022