Jakarta (ANTARA) - Manajer Proyek Jakarta International Stadium (JIS), Arry Wibowo mengungkapkan, hingga pekan ke-144 pembangunan stadion internasional di wilayah Tanjung Priok, Jakarta Utara, tersebut sudah 99,58 persen .

"Sekarang sudah pekan ke-144, 'progres' 99,58 persen," kata Arry saat dikonfirmasi wartawan di Jakarta Utara, Senin.

Arry menambahkan, pembangunan masih terus berproses, khususnya pada tahap memperapi
akses dan area lanskap, hingga proses penyempurnaan lainnya pada daftar pekerjaan yang ada (final checklist).

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana melaksanakan peresmian (grand launching) stadion tersebut pada Juni 2022.

Tanggal pastinya hingga kini belum diungkapkan pihak terkait. Namun berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menutup Hajatan ke-495 dengan upacara penutupan (closing ceremony) bersamaan dengan peresmian JIS pada 25 Juni 2022.

Sejumlah penyanyi ternama di Indonesia direncanakan hadir untuk turut menyemarakkan acara tersebut.

Baca juga: Pemprov DKI tampung usulan ganti nama JIS
Baca juga: Anies: Shalat Idul Fitri di JIS merupakan momentum bersejarah


Mengenai acara Puncak HUT DKI Ke-495 di JIS tersebut akan diinformasikan lebih lanjut oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 19 April lalu memastikan bahwa Persija akan bermain di JIS dan legenda "Macan Kemayoran" Persija Jakarta Bambang Pamungkas (Bepe) yang menjadi penendang awal.

"Nanti ketika peresmian JIS dilakukan, kami akan mengundang Persija untuk main dan 'kick off'-nya nanti oleh Bepe," kata Anies kepada wartawan di JIS, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (19/4) malam.

Acara "soft launching" JIS sudah berlangsung pada April saat pagelaran turnamen "International Youth Championship" (IYC) 2020 yang diikuti empat kesebelasan, yakni tim U-20 Indonesia All Star, Bali United U-18, Atletico Madrid U-18 dan Barcelona U-18.

Dalam turnamen persahabatan tersebut, tim Barcelona U-18 berhasil merengkuh trofi sang garuda setelah mengalahkan Atletico Madrid di final.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022