Jakarta (ANTARA) -
DPP Garda Pemuda NasDem menanam pohon bakau secara serentak di tujuh provinsi yang berpusat di Provinsi DKI Jakarta, tepatnya di kawasan Suaka Margasatwa Muara Angke, Jakarta Utara, Senin.
 
Sementara itu titik penanaman pohon bakau yang lain yaitu di Deli Serdang-Sumatera Utara, Dumai-Riau, Balikpapan-Kalimantan Timur, Bolaang Mongondow Timur-Sulawesi Utara, Kendari-Sulawesi Tenggara, dan Probolinggo-Jawa Timur, dan disambungkan melalui sambungan telekonferensi.

Ketua Umum DPP Garda Pemuda NasDem, Prananda Surya Paloh, mengatakan, garis pantai Indonesia yang mencapai 95.181 km menggambarkan tantangan besar untuk menjaga keseimbangan ekologis pesisir agar tetap terjaga, salah satunya dengan ekosistem bakau.

Baca juga: LSM sebut 75 persen hutan bakau di Aceh Tamiang rusak parah
 
Ia bilang, berdasarkan data dari BPS pada 2021, luas ekosistem bakau di Indonesia mencapai 3,63 juta Hektare atau 20,37 persen dari total luas ekosistem bakau dunia.
 
"Angka itu tantangan sekaligus kesempatan untuk Indonesia menempatkan bakau sebagai prioritas utama dalam upaya menjaga keseimbangan ekologis pesisir. Kami sangat mengapresiasi dukungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada upaya pemuda dalam menyelesaikan dan mengantisipasi permasalahan lingkungan hidup," ujar dia, dalam siaran persnya.

Baca juga: Balai TNKT Sulteng pulihkan lima persen hutan bakau terdegradasi
 
Menurut dia, gerakan restorasi lingkungan merupakan manifestasi nyata untuk menunjukkan bahwa pemuda harus ikut serta berpartisipasi aktif pada isu lingkungan hidup.
 
"Konservasi ekologis merupakan bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim. Krisis Perubahan Iklim telah mengancam perekonomian dan mempercepat kerusakan keragaman hayati laut. Garda Pemuda NasDem berkomitmen penuh memperjuangkan isu-isu lingkungan," ujar dia.
 
Sebagai partai modern, dia ingin Partai NasDem terus melakukan pelestarian alam agar Bumi dan lingkungan hidup di Indonesia tetap terjaga secara baik. "Kita harus melihat ke depan, salah satu program ramah lingkungan adalah program yg berorientasi masa depan dan masa kini, Partai NasDem sebagai partai modern partai yang terbuka untuk semua," ucapnya.

Baca juga: Pemkab Ketapang dukung program pelestarian hutan bakau
 
Sementara itu, Ketua Pelaksana Penanaman Bakau GPND Peduli Bakau, Chepy Aprianto, mengatakan, penanaman bakau itu bentuk kepedulian terhadap lingkungan, sehingga panitia mengambil tema "Semangat Restorasi Merawat Bumi" sebagai bentuk kampanye atau mengajak masyarakat untuk merawat Bumi.
 
"Kami juga berharap, KLHK selalu bersama sama anak-muda Indonesia untuk bersinergi dan bekerjasama dalam menjaga lingkungan, tidak hanya dalam konservasi bakau tapi juga menjadi konsolidator menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk lebih peka terhadap lingkungan,” kata dia.

Baca juga: 13 Polres akan tanam serentak pohon bakau di pesisir Jawa Tengah
 
Turut hadir dalam acara tersebut yakni Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, yang juga ketua Dewan Pakar DPP Partai NasDem, Menteri Komunikasi dan Informatika sekaligus Sekretaris Jenderal DPP Partai NasDem, Johnny G Plate, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, Ketua Fraksi DPR NasDem, Robert Rouw, serta sejumlah anggota DPR dan DPRD DKI Jakarta.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022