Yogyakarta (ANTARA) - IST Entertainment mengumumkan Yang Donghwa batal debut dengan ATBO.

Kemarin, IST Entertainment merilis pernyataan yang membahas unggahan yang beredar secara online kegiatan di sekolah Yang Donghwa, hingga terjadi kesalahpahaman diantara anggota dan permintaan maaf kepada para korban, serta keputusan ATBO untuk melakukan debut tanpanya.

Baca juga: Kim Dong Hee dinyatakan tak bersalah atas tuduhan "bullying"

“Setelah membaca postingan tentang Yang Donghwa di media sosial dan komunitas online, kami menerima persetujuan artis untuk menghubungi pejabat sekolah, alumni, dan kenalan untuk membahas masalah ini dan mengonfirmasi fakta,” tulis IST Entertainment dikutip dari Soompi, Selasa.

“Selain itu, kami juga melakukan prosedur pengecekan fakta. Meskipun beberapa pernyataan ternyata berbeda dari kebenaran, kami menemukan ada siswa yang terluka karena ucapan dan tindakan Yang Donghwa yang tidak dewasa dan tidak pantas,” sambungnya.

Lebih lanjut, agensi yang menaungi ATBO itu juga mengabarkan bahwa mereka berhasil menghubungi beberapa siswa. Yang Donghwa pun telah menyampaikan permintaan maaf yang tulus kepada mereka secara langsung.

Baca juga: Kematian Goo Hara picu debat tentang perundungan

“Yang Donghwa merenungkan tindakan masa lalunya yang tidak pantas sebagai seorang siswa, dan dia sangat malu dengan bagaimana dia menyinggung orang-orang di sekitarnya dengan kurangnya pertimbangan,” jelas IST.

“Selain siswa yang dia punya kesempatan untuk bertemu secara langsung untuk meminta maaf, dia tahu mungkin ada lebih banyak siswa yang mengalami masa sulit karena dia, dan dia memiliki hati yang berat memikirkan mereka,” tambahnya.

Setelah melakukan proses pengecekan fakta dan diskusi mendalam dengan Yang Donghwa, agensi pun telah memutuskan bahwa Donghwa tidak akan lagi bergabung dengan ATBO dalam debut dan promosi mereka.

Baca juga: BIGBANG T.O.P suarakan penolakan terhadap "cyber bullying"

“Melalui keputusan ini, Yang Donghwa bermaksud untuk meminta maaf dengan tulus kepada rekan-rekan mahasiswanya atas kesalahannya di masa lalu. Meskipun dia belum melakukan debutnya, Yang Donghwa dan orang tuanya telah menyatakan keinginan mereka untuk ditegur atas kesalahannya, dan akan menggunakan waktu ini untuk introspeksi diri dan bertobat,” pungkasnya.

Boy grup ATBO (yang sebelumnya bernama ABO) rencananya akan melangsungkan debut mereka pada semester kedua tahun 2022 mendatang.


Baca juga: Cho Byeong-kyu kembali ke layar lebar usai terseret skandal "bullying"

Baca juga: Vogue Korea hapus video Seolhyun menyusul skandal perundungan Mina



 

Penerjemah: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022