Ambon (ANTARA) - Sebanyak 165 calon haji di Kota Ambon, Provinsi Maluku mengikuti bimbingan dan pelatihan manasik haji sebagai salah satu rangkaian kegiatan fasilitasi penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena di Ambon, Selasa, mengatakan kegiatan bimbingan dan pelatihan manasik haji dilaksanakan pemkot setempat berkoordinasi dengan Kantor Kementerian Agama Kota Ambon.

Ia mengatakan manasik haji merupakan peragaan atau simulasi pelaksanaan ibadah haji sesuai Rukun Islam, yang di dalamnya para calon haji dilatih tata cara pelaksanaan ibadah haji, baik berupa rukun persyaratan serta belajar dan haji melakukan praktik tawaf, sa'i, wukuf, lempar jumrah dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi dibuat mirip dengan keadaan di Tanah Suci.

Kegiatan ini untuk mempermudah jamaah calon haji (JCH) dalam memahami ibadah haji, baik secara teoritis maupun praktis sehingga menjadi haji yang mandiri dan mampu melaksanakan proses ibadah haji dengan baik dan benar.

Baca juga: Jamaah calon haji Barito Utara ikuti manasik haji

Manasik haji, katanya, tanggung jawab besar bagi setiap penyelenggara untuk turut memberikan bimbingan yang terbaik bagi JCH.

"Lancar tidaknya para JCH melaksanakan ibadah haji nantinya tergantung bimbingan diberikan oleh para penyelenggara, selaku wali kota mendorong agar manasik haji yang kita laksanakan ini, dilaksanakan dengan kualitas terbaik oleh penyelenggara dan diikuti sungguh oleh setiap JCH," katanya.

Pihaknya memberikan apresiasi khusus kepada kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon beserta staf atas kerja sama dan dukungan bersama Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Provinsi Maluku atas kerja sama dan fasilitas yang disediakan.

Selain itu, tim Dinas Kesehatan Kota Ambon atas partisipasi dan pendampingan serta semua pihak yang turut membantu dalam penyelenggaraan kegiatan bimbingan dan pelatihan manasik haji yang disertai sosialisasi gerakan masyarakat sehat bagi JCH Kota Ambon itu.

Baca juga: Jemaah calon haji Sukabumi mendapat enam kali bimbingan ibadah haji
Baca juga: 1.570 calon haji Bogor pemantapan manasik jelang ke Tanah Suci
Baca juga: Kemenag Kabupaten Belitung siapkan enam kali manasik haji

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022