Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) meninjau Pecinan Petak Enam, Glodok, Taman Sari, untuk persiapan sebagai tuan rumah ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tingkat nasional.

"Jadi kaitan hari ini juga kita melihat kesiapan dari persiapan untuk penilaian dari ADWI atau Anugerah Desa Wisata Indonesia," kata Sekretaris Kota Jakarta Barat Iin Mutmainah, saat ditemui di kawasan Petak Enam, Selasa.

Baca juga: Jakbar gelontorkan Rp500 juta untuk benahi saluran air di Pecinan

Dalam kunjungannya, Iin menyoroti beberapa pengerjaan yang sedang dilakukan, yakni revitalisasi trotoar, rencana pembuatan taman, dan pengerjaan gapura Pecinan.

Dia juga memperhatikan pengerjaan saluran air yang sedang berlangsung di wilayah Pecinan.

Menurut Iin, pengerjaan ini selaras dengan tujuan Pemkot Jakarta Barat untuk menjadikan Pecinan sebagai kawasan perekonomian sekaligus pusat wisata.

Dengan demikian, Iin berharap kawasan ini bisa berkontribusi untuk meningkatkan perekonomian masyarakay di wilayah Kota Jakarta Barat.

Baca juga: Kepulauan Seribu siapkan Pulau Panggang menang di Anugerah Desa Wisata

Namun, Iin tidak menjelaskan secara rinci nilai proyek yang digelontorkan Pemkot Jakarta Barat untuk membenahi kawasan Pecinan.

Iin menekankan pengerjaan kawasan Pecinan Petak Enam dapat selesai sebelum ajang ADWI pada 26 Juni mendatang.

"Mudah mudahan Petak Enam bisa masuk mewakili DKI Jakarta dan menang," tutur Iin.

Untuk diketahui, DKI Jakarta hanya mengirimkan satu kandidat wilayah pada ajang pemilihan ADWI 2022 dan Jakarta harus bersaing dengan provinsi lain dalam ajang tersebut.

Kementerian Pariwisata Ekonomi dan Kreatif selaku penyelenggara akan melakukan penilaian berdasarkan beberapa hal seperti atraksi, penilaian tata letak kota, jajanan kuliner hingga toilet.

Baca juga: ADWI diharap bantu desa wisata bangkit di tengah pandemi

Pewarta: Walda Marison
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022